Home  »  News   »  
News

Facebook Dikabarkan Tengah Kembangkan Aplikasi TV Streaming

[Foto: slashgear.com]
Facebook dilaporkan tengah mengembangkan aplikasi untuk dekoder (set-top box) seperti Apple TV guna membawa masuk konten video (beserta video iklan) ke dalam televisi layar lebar. Langkah Facebook untuk memasukkan video ke dalam televisi menunjukkan niat Facebook untuk memonetisasi konten videonya dan mendapatkan pemasukan iklan yang lebih besar melalui media ini. Tidak berhenti sampai di sana, Facebook juga kabarnya meminta pihak media dan publisher untuk membuat konten eksklusif khusus untuk layanan tersebut. Perlu dicatat, sebelumnya platform media sosial lain juga sudah lebih dulu merilis aplikasi untuk dekoder, termasuk di antaranya adalah Youtube dan Twitter Periscope.


Sebenarnya, Facebook sendiri kabarnya memang sudah mengembangkan aplikasi TV Streaming tersebut pada beberapa tahun terakhir. Hanya saja, rencana ini baru bisa berjalan ketika Facebook menempatkan video sebagai prioritas utama dalam strateginya. Facebook juga sepertinya memang berniat untuk menyalurkan lebih banyak video ke aplikasi mobile, terutama live video melalui Facebook Live. Seperti yang diketahui, layanan live streaming Facebook sangat sukses dan berhasil menarik jutaan penggunanya untuk menyaksikan video streaming sejak pertama kali peluncurannya. Meskipun begitu, sejauh ini masih belum ada informasi lebih jauh mengenai rincian aplikasi baru ini. Kami juga belum tahu apakah layaan tvOS tersebut akan mencakup konten Facebook Live atau memang murni berisikan konten video dengan format televisi. Ketika dihubungi, Facebook pun menolak untuk berkomentar mengenai hal ini.

Seperti yang dikutip dari Reuters, dewasa ini live video merupakan salah satu fitur yang sedang panas-panasnya di media sosial. Jejaring sosial pun berlomba-lomba untuk menayangkan pertandingan olahraga akbar dan ajang-ajang bergengsi seperti Academy Awards dan Grammy Awards.