News

Facebook Habiskan Dana Ratusan Miliar Rupiah Untuk Promosikan Fitur Live Video

[Gambar: Facebook Live]
Wall Street Journal mengabarkan bahwa Facebook telah menandatangani kontrak dengan hampir 140 media dan selebriti untuk mempromosikan fitur live videonya. Para media dan selebriti tersebut diminta untuk membuat video streaming langsung dari Facebook selama setahun ke depan. Beberapa media yang terlibat diantaranya adalah The Wall Street Journal, CNN, the Huffington Post dan untuk selebriti diantaranya ada Kevin Hart, Gordon Ramsay, Deepak Chopra dan Russell Wilson.

Tentu saja, kerja sama itu tidak bisa didapatkan secara cuma-cuma. Untuk membayar para kontributor video live itu, Facebook dikabarkan telah menghabiskan dana sebesar $ 50 juta (setara Rp 664 miliar). Bayaran tertinggi diterima oleh media digital Buzzfeed sebesar $ 3,05 juta (setara Rp 40,5 miliar) untuk penyiaran video live-nya dari bulan Maret 2016 sampai Maret 2017. Di posisi kedua adalah The New York Times dengan bayaran $ 3,03 juta (setara Rp 40,2 milyar) untuk satu tahun penyiaran. Sementara posisi ketiga ditempati oleh CNN dengan kontrak senilai $ 2,5 juta (setara Rp 33,2 milyar.)

“Kami ingin bekerjasama dengan berbagai macam partner sehingga kami bisa mendapatkan feedback dari organisasi yang berbeda tentang layanan apa yang sudah memuaskan dan yang kurang memuaskan,” tutur Justin Osofsky, wakil presiden dari divisi operasi global dan partner media.

Dengan perjanjian tersebut, Facebook berharap pihak media dan selebriti tersebut bisa membuat video-video berkualitas. Semakin banyak yang disiarkan, maka akan semakin banyak juga orang yang turut berpartisipasi di jejaring sosial.

Potensi besar akan fitur live video ini telah dibuktikan melalui eksperimen-eksperimen awal. Pada bulan April lalu, dua pegawai Buzzfeed menyiarkan Facebook live video yang mempertontonkan aksi mereka memasangkan karet pada semangka sampai semangka itu meledak. Sampai hari ini, video yang berdurasi 45 menit ini telah dilihat sebanyak lebih dari satu juta kali. Video tersebut merupakan live video paling banyak ditonton sampai akhirnya dikalahkan oleh Candace Payne, seorang pengguna Facebook yang merekam dirinya sendiri di sebuah mobil ketika sedang tertawa terbahak-bahak sambil memakai topeng tokoh Chewbacca dari Star Wars. Video yang berdurasi 4 menit itu telah ditonton sebanyak 157,6 juta kali.

Setelah video live selesai disiarkan di Facebook, video itu akan tersimpan dalam server sehingga pengguna Facebook bisa menontonnya lagi. Live video ini juga merupakan sebuah konten eksklusif yang hanya bisa diputar di platform Facebook Live. Menurut survey yang dilakukan oleh Facebook, rata-rata pengguna menonton live video tiga sampai empat kali lebih lama dari jenis video lain.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID