News

Facebook Live Akan Memiliki Filter-Filter ‘Nyeni’ Ala Prisma

[Gambar: techtimes.com]
[Gambar: techtimes.com]
Apakah Anda familiar dengan aplikasi Prisma? Bagi yang belum tahu, Prisma merupakan aplikasi yang menawarkan layanan editing foto dan video yang dapat menyulap foto dan video Anda menjadi lebih artistik dengan pilihan filternya. Aplikasi ini booming seketika karena hasil gambar dan video yang telah diproses  terlihat alami dan lebih nyeni berkat dukungan komputasi cloud pada layanannya.

Menyusul kesuksesan Prisma, Facebook juga nampaknya tidak mau ketinggalan. Seperti yang dilansir Digital Trends, Facebook juga kini turut mengembangkan filter-filter artistik yang dapat digunakan secara langsung pada platform Facebook Live. Dalam konferensi WSJD kemarin, COO Facebook Chris Cox juga telah memamerkan prototipe teknologi yang disebut “style transfer” ini. Dalam demonya, Cox menerapkan filter dengan style karya seni yang serupa dengan gaya Van Gogh pada video live-nya.

Berbeda dengan Prisma, teknologi style transfer ini hanya dirancang untuk video saja. Jadi, belum ada kabar lagi apakah Facebook akan memberikan fitur serupa pada foto. Teknologi style transfer milik Facebook ini juga diklaim memiliki proses rendering yang lebih cepat daripada Prisma. Dalam demonya, penerapan filter pada video bahkan bisa digunakan secara real time, tidak seperti Prisma yang mengharuskan penggunanya untuk menunggu selama beberapa detik.

Berhubung perkembangan teknologi ini masih berada di tahap awal, masih belum ada kejelasan apakah Facebook akan membuat aplikasi baru dengan teknologi ini. Karena, bisa saja alih-alih membuat aplikasi baru, Facebook lebih memilih untuk menyuntikkannya pada aplikasi Facebook-nya atau pada anak perusahaannya, Instagram. Cox sendiri menjelaskan bahwa cepat atau lambat CEO Facebook Mark Zuckerberg akan mengumumkan rencananya terhadap teknologi ini. Untuk sementara ini, tampaknya kita harus sabar dulu menunggu kabar lebih lanjut mengenai perkembangan teknologi ini.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID