News

Facebook Luncurkan Fitur Baru Untuk Permudah Beriklan ke Mancanegara

[Gambar: wired.com]
Berencana untuk memperluas jangkauan bisnis Anda hingga ke mancanegara? Sekarang Anda bisa dengan mudah melakukannya dengan menggunakan fitur Facebook Global Ad. Seperti yang kita ketahui, Facebook merupakan salah satu jejaring sosial terbesar dan terpopuler di dunia dengan jumlah pengguna yang mencapai 1,65 milyar orang. Sehingga, bisa dibilang sangat efektif bagi Anda untuk mengiklankan bisnis Anda ke dunia internasional melalui platform jejaring sosial yang satu ini.

Apalagi, sekarang Facebook telah meluncurkan dua opsi penargetan iklan yang terbaru: International Lookalike Audiences dan Location Targeting. Pada opsi International Lookalike Audiences, Anda dapat menjangkau orang-orang di negara lain yang memiliki kecenderungan yang serupa dengan konsumen Anda sekarang. Anda cukup mengunggah data konsumen yang sudah Anda dan memilih negara mana yang menurut Anda paling berpotensi. Kemudian, Facebook pun akan menargetkan iklan Anda kepada orang-orang yang kira-kira paling sesuai dan akan tertarik dengan bisnis Anda.

Jika Anda tidak tahu pasti negara mana yang akan Anda targetkan, Anda bisa memilih opsi Location Targeting. Dengan opsi ini, Anda dapat memilih untuk menargetkan pengguna Facebook di sebuah benua (misalnya Eropa), atau berdasarkan wilayah perdagangan bebas (misalnya bagian lokasi dari Masyarakat Ekonomi ASEAN – ASEAN Economic Country “AEC”), atau Anda juga bisa menargetkannya secara global. Lalu, secara otomatis Facebook akan menampilkan iklan Anda kepada orang-orang yang berada di lokasi tersebut dan memantau respon terhadap iklan tersebut. Jika iklan Anda mendapatkan respon yang lebih baik di sebuah lokasi tertentu, maka Facebook secara otomatis akan lebih sering menunjukkan iklan Anda di lokasi tersebut.

Lalu apa bedanya Location Targeting dengan opsi filter pengguna berdasarkan lokasi yang selama ini ada di Ad Set ketika Anda melakukan pemasangan iklan di Facebook? Bedanya adalah pada optimasi iklan. Pada opsi Ad Set yang lama tersebut, iklan Anda akan dioptimasi berdasarkan profile pengguna Facebook secara keseluruhan. Di opsi baru ini, iklan Anda bisa tampil lebih sering untuk pengguna di lokasi tertentu secara otomatis.

Dalam postingan Facebooknya, COO Facebook Sheryl Sandberg menyatakan bahwa fitur ini merupakan sebuah solusi yang tepat dan efektif bagi usaha-usaha kecil untuk menjangkau masyarakat lokal maupun masyarakat global yang memang tertarik pada usaha mereka.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID