News

Facebook Luncurkan Jejaring Sosial Baru Khusus Untuk Remaja di Bawah 21 Tahun

[Gambar: thenextweb.com]
Tidak perlu diragukan lagi, populasi pengguna Facebook kini sudah semakin bertambah usia. Facebook juga bukan lagi jejaring sosial yang paling ngehits pada saat ini, terutama di kalangan remaja. Seperti yang diketahui, sudah begitu banyak jejaring sosial lain yang menggeser posisi Facebook. Sebut saja Instagram atau Snapchat. Tapi, ini bukan berarti Facebook sudah berhenti merangkul dan menarget para remaja.

Baru-baru ini, Facebook bahkan dikabarkan telah meluncurkan sebuah jejaring sosial yang hanya dapat digunakan oleh remaja berusia di bawah 21 tahun. Aplikasi yang bernama Lifestage ini tidak hanya diciptakan untuk remaja—tapi bahkan diciptakan oleh seorang remaja berusia 19 tahun. Michael Sayman yang merupakan pencipta aplikasi ini mulai mempelajari kode dan programming pada usia 13 tahun. Setelah ia membuat aplikasi foto 4Snaps, ia diundang oleh Mark Zuckerberg untuk presentasi di F8, dan magang di Facebook, Sayman akhirnya mendapatkan ide untuk membuat aplikasi Lifestage yang telah ia kerjakan selama dua tahun ke belakang ini.

[Gambar: itunes.apple.com]
Tentu saja, semua orang dari berbagai usia dapat mengunduh dan sign up pada layanan Lifestage ini. Namun, pengguna yang berusia di atas 21 tahun hanya dapat melihat profil mereka saja—bukan isi feed nya. Intinya, jejaring sosial ini lebih ditargetkan untuk anak SMP-SMA yang ingin berinteraksi dan mengenal teman-teman sesekolahnya. Aplikasi ini juga dirancang untuk menjaga agar para remaja ini tetap aman. Pengguna bisa dengan mudah memblokir dan melaporkan orang-orang yang berinteraksi dengan kasar atau tidak sopan pada mereka.

Dalam aplikasi ini, penggunanya tidak perlu meng-update status dengan teks, melainkan dengan video. Ketika pengguna pertama kali membuka aplikasi ini, mereka akan diminta untuk merekam beberapa klip video: mulai dari merekam ekspresi sedih atau senang, bahkan hingga merekam video menari. Setelahnya, aplikasi ini akan menggambungkan semua klip ini menjadi video yang berdurasi lebih panjang, yang kemudian dapat digunakan sebagai video utama pada profilnya.

Untuk saat ini, aplikasi ini hanya tersedia untuk perangkat iOS saja. Tapi, kabarnya mereka akan mengeluarkan versi Android nya di masa yang akan datang.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID