News

Facebook Luncurkan Messenger Lite Untuk Pengguna Android Dengan Koneksi Internet yang Lamban

[Gambar: facebook.com]
Facebook telah mengumumkan pada situsnya bahwa mereka akan meluncurkan sebuah aplikasi baru bernama Messenger Lite untuk Android. Sebenarnya, Facebook juga sebelumnya sudah memiliki aplikasi Facebook Lite sejak 2015 lalu agar pengguna yang memiliki koneksi internet yang lamban dan jelek dapat mengakses situs jejaring sosial tersebut dengan mudah. Aplikasi Messenger Lite ini merupakan varian dari aplikasi Messenger utamanya. Aplikasi ini ditujukan bagi pengguna di negara-negara berkembang yang memiliki rata-rata koneksi internet yang relatif lambat dan memiliki smartphone Android kelas menengah ke bawah.

Dengan aplikasi Messenger Lite ini, pengguna bisa dengan mudah dan cepat mengirimkan teks, foto, maupun tautan. Messenger Lite akan diluncurkan untuk pertama kalinya di Malaysia, Kenya, Sri Lanka, Tunisia, dan Venuzuela. Namun, tentu saja aplikasi ini juga akan diluncurkan di berbagai lokasi lainnya pada waktu yang belum ditentukan. Karena memang aplikasi ini bersifat lite—lebih ringan dari aplikasi primernya—maka cukup banyak fitur Messenger yang tidak lolos masuk Messenger Lite. Di antaranya adalah fitur Stories dan Chatbot. Setidaknya, aplikasi ini dapat mengirimkan dan menerima teks, foto, stiker, dan tautan.

“Dengan Messenger Lite, akan ada lebih banyak orang yang bisa berkomunikasi, terlepas dari kondisi sinyal [internet] mereka atau keterbatasan memori pada perangkat Android mereka,” tulis Tom Mulcahy, Engineering Manager untuk Messenger Lite dalam sebuah pernyataan. “Messenger Lite dibangun untuk memberi orang pengalaman Messenger yang baik, apapun teknologi yang mereka gunakan atau apapun akses yang mereka miliki.”

Selain itu, Mashable mensinyalir adanya kemungkinan bahwa menggunakan aplikasi Messenger Lite pada smartphone Anda dapat membantu menghemat pemakaian baterai smartphone. Sebelumnya, hal ini sudah dibuktikan dalam hal penggunanaa aplikasi Facebook Lite.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID