News

Facebook Messenger Kini Dilengkapi Dengan Fitur SMS

[Gambar: Facebook.com]
[Gambar: Facebook.com]
Beberapa bulan lalu, Facebook dilaporkan tengah menguji coba integrasi fitur layanan pesan singkat atau SMS pada aplikasi Facebook Messenger untuk Android. Sekarang, fitur tersebut sudah bisa dinikmati oleh pengguna Facebook Messenger di Android.

Sebenarnya, Facebook sudah mengintegrasikan SMS dengan aplikasi Messenger untuk Android sejak tahun 2012. Fitur tersebut dapat menampilkan pesan baik di aplikasi pesan bawaan HP Anda maupun di Messenger. Tapi, fitur itu dihentikan pada tahun 2013 karena Facebook ingin fokus untuk meningkatkan kinerja dan penggunaan Messenger. Lalu pada Februari 2016, Messenger kembali menguji coba versi modern dari fitur SMS ini di Messenger.

Karena fitur ini bersifat “optional“, maka Anda harus mengaktifkannya terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Caranya, masuk ke pengaturan di aplikasi Messenger Anda, pilih “SMS” lalu pilih “Default SMS App.” Ini artinya, semua pesan teks Anda akan dikirim dan diterima melalui aplikasi Messenger. Untuk membedakannya dengan chat Messenger, chat SMS akan diberi warna ungu, bukan warna biru seperti pesan Messenger.

Menariknya, fitur SMS di aplikasi Messenger tidak hanya mendukung teks dan gambar. Fitur ini juga mendukung rich content seperti stiker, GIF, emoji, dan lokasi–serupa dengan pembicaraan di Messenger pada umumnya.

Facebook juga memastikan bahwa tidak ada pesan SMS Anda yang disimpan di server Facebook. Semua pesan akan dikirimkan melalui layanan SMS seperti biasa. Artinya, Anda akan tetap dikenakan biaya SMS seperti biasanya.

Pimpinan proyek Facebook Messenger David Marcus┬ámengatakan bahwa integrasi SMS dan Messenger ini akan tersedia di “banyak negara”. Jika Anda bersedia untuk memberikan Facebook akses untuk mengatur bagian dari keseharian penggunaan pengiriman pesan Anda, atau mungkin jika Anda tidak mau ribet dan bolak balik antara Messenger dan SMS, fitur ini sepertinya patut Anda coba.

Karena adanya keterbatasan dalam iOS, fitur ini baru hadir pada aplikasi Android. Tapi mengingat aplikasi Pesan pada iOS juga sudah begitu lengkap dan memiliki fitur serupa seperti emoji, stiker, dll. sepertinya para pengguna iPhone tidak akan merasa begitu ketinggalan.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID