News

Facebook Messenger Uji Coba Fitur “Room” Untuk Berdiskusi Dengan Orang Asing

[Gambar: techcrunch.com]
Facebook dikabarkan tengah menguji coba sebuah fitur baru pada aplikasi Facebook Messenger. Fitur baru yang dinamakan Room ini memungkinkan penggunanya untuk berbincang dengan orang asing mengenai topik tertentu. Drew Moxon selaku manajer produk Facebobok Messenger menjelaskan pada Courier Mail bahwa fitur ini dirancang agar Anda tidak perlu lagi “mengganggu teman Anda dengan topik yang tidak mereka minati.”

Dalam uji coba perdananya, Facebook memilih Australia dan Kanada untuk dijadikan sebagai kelinci percobaannya. Meskipun belum ada informasi kapan fitur ini akan dirilis secara global, namun Facebook menjanjikan bahwa kelak fitur ini juga akan diluncurkan di negara-negara lain.

Jadi, cara penggunaannya seperti ini: Anda bisa bebas membuat sebuah room baru atau bergabung dengan room yang sudah ada sebelumnya. Takut ada orang yang suka trolling atau spamming bergabung ke dalam room? Tenang saja, pengguna juga bisa mengatur agar orang-orang yang mau bergabung di chatroom harus melalui persetujuan dari admin.

Fitur ini tentunya akan sangat berguna untuk mengorganisasi sebuah acara atau membuat sebuah kegiatan yang menyangkut topik tertentu. Setiap room ini bisa berisikan topik yang berbeda-beda dan siapapun bisa bergabung ke dalam chatroom tersebut. Seperti yang diungkapkan oleh Engadget, langkah Facebook untuk menyuntikkan fitur baru ini pada aplikasi Facebook Messenger jauh lebih efektif dan aman daripada harus membuat sebuah aplikasi sendiri untuk Room.

Sebagai alternatif fitur Room ini, Anda sebenarnya bisa mencoba aplikasi lain seperti Line atau WhatsApp untuk membuat grup dan berkomunikasi dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama. Tapi tentunya menggunakan fitur Room sepertinya akan jauh lebih mudah dan praktis, terutama dalam hal pembuatan grup dan pencarian grup.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID