Home  »  News   »  
News

Facebook Uji Coba Fitur Untuk Membuat Frame Foto dan Video Seperti Snapchat

[Gambar: theverge.com]
Facebook dikabarkan tengah menguji coba sebuah fitur baru yang memungkinkan penggunanya untuk membuat bingkai foto sendiri untuk foto profilnya—kurang lebih sama seperti fitur Geofilter yang telah dimiliki Snapchat sebelumnya. Untuk saat ini, uji coba ini hanya terbatas di beberapa negara, seperti Kolombia, Meksiko, Taiwan, Inggris, dan Irlandia. Sebelumnya, fitur ini hanya tersedia bagi pemilik Page Facebook, namun kini semua pengguna dapat menggunakannya.


Cara membuatnya cukup sederhana, Anda cukup masuk ke halaman Camera Effect Platform dan mengunggah gambar-gambar PNG (dengan latar transparan) yang akan diterapkan pada bingkai foto Anda. Setelah itu, Anda bisa mulai mengatur sendiri tata letak dari elemen-elemen grafis yang telah Anda unduh. Jika sudah selesai, Anda bisa meninjau kembali bingkai yang telah Anda buat dalam berbagai ukuran. Setelah mengisi rincian pada bingkai buatan Anda, bingkai tersebut harus disubmit terlebih dahulu untuk ditinjau oleh tim Facebook. Prosesnya sendiri kurang lebih memakan waktu satu minggu. Sepertinya, proses review ini dilakukan untuk mencegah filter-filter yang menyinggung, kasar, atau tidak sesuai dengan peraturan umum Facebook. Jika sudah disetujui dan aktif, pengguna pun bisa menambahkan frame tersebut pada foto maupun video yang mereka bagikan di Facebook. Anda juga bisa melihat statistik penggunaan frame buatan Anda itu. Sejauh ini, belum ada keterangan lebih lanjut apakah kelak Facebook akan memonetisasi fitur ini seperti yang dilakukan Snapchat pada Geofilter yang dimilikinya.
Ini merupakan yang kesekian kalinya Facebook meniru fitur-fitur yang ada pada Snapchat. Salah satu contohnya adalah Instagram Stories. Instagram—yang merupakan anak perusahaan Facebook—meluncurkan fitur Instagram Stories yang memungkinkan pengguna untuk berbagi foto dan video yang bisa dihiasi dengan filter, tulisan, maupun coretan. Serupa dengan Snapchat, konten tersebut akan menghilang setelah 24 jam.

Baca Juga:  Cara Mengubah Default Printer pada PC Windows 10