Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Fan Pages Facebook Kamu Sedikit Pengikut? Mungkin Kamu Lupa Hal Ini

[Sumber: livechatinc.com]
Sebagian marketers tahu cara mendapatkan likes yang banyak untuk Fan Page Facebook melalui sistem iklan berbayar. Namun ada banyak cara juga yang efektif tanpa perlu mengeluarkan banyak uang. Beberapa strategi yang kami rangkum di bawah ini memungkinkan Anda mendapatkan banyak likes dari pengguna secara organik.

Tip 1: Gunakan gambar pada sebagian besar konten Anda. Walaupun banyak yang mengatakan gambar bukanlah hal penting bagi Facebook, tapi konten dengan gambar akan lebih menarik serta relevan untuk dibagikan kepada pengguna lain.

[Sumber: https://www.facebook.com/WWFIndonesia/ ]
Tip 2: Buatlah postingan yang menarik. Jagalah pengikut agar tetap me-likes Fan Page Facebook dengan membuat konten-konten yang esensial bagi mereka. Jangan membuat sesuatu yang tidak menarik atau biasa-biasa saja karena berpotensi di-unlike.

Tip 3: Pasang Facebook Page Plugin. Bila kamu memiliki website atau blog maka pasanglah plugin Fan Page yang biasanya berbentuk kotak disematkan di pojok kanan atau kiri website. Ini membantu pengunjung website untuk berkelana lebih jauh mengetahui brand Anda. Bukan tidak mungkin dari website berujung likes Fan Page Facebook.

Baca Juga:  Sering Kehilangan Sinyal di Rumah? Ini 7 Langkah Mendapatkan Sinyal Handphone yang Baik

Tip 4: Terlibat dengan Halaman Lain. Facebook merupakan komunitas maka dari itu sering-seringlah bergabung dengan pages atau groups yang sesuai niche Anda. Tinggalkan komen, beri tanda suka secara teratur.

Tip 5: Promosikan Fan Page di Media Sosial. Sesederhana membuat postingan ‘Like Us On Facebook’ di twitter, path atau tumblr bisa bikin kamu mendapatkan banyak likes.

Tip 6: Mengadakan Kontes.  Giveaway dalam bentuk kuis masih jadi primadona bagi banyak orang apalagi bila hadiah yang diberikan bisa senilai jutaan. Tiket nonton film atau konser musik pun laku keras dipasaran. Adakan lah kuis secara berkala untuk mendapatkan engagement lebih besar.


Tip 7: Bikin Album Foto. Ketimbang mengunggah satu foto secara berkala ada baikknya membuat satu album foto khusus. Misalnya, seminggu sekali kamu memperbaharui album foto dengan mengunggah 5 foto terus menerus. Banyak penelitian yang menemukan cara ini sangat efektif untuk meningkatkan engagement.

Tip 8: Jangan Kebanyakan Buat Konten Promosi. Para ahli mengatakan agar membuat konten yang proporsional jangan hanya hard selling terus menerus. Buatlah konten 80% original dan 20%  ya promosi. Hal ini menghindari agar pengikut Fan Page tidak bosan.

Baca Juga:  Penggunaan LinkedIn Untuk Mendapatkan Pekerjaan Idaman

Tip 9: Keep it Short, Simple and Sweet. Jaga lah konten-konten yang Anda buat lebih bermakna jangan suka membuat tulisan sangat panjang yang tidak ada ujungnya apalagi berbelit-belit. Banyak pengguna suka sesuatu yang dekat dan mudah dicerna.

Tip 10: Tawarkan Diskon Eksklusif. Jika Anda memiliki Fan Page untuk berjualan maka coba gunakan taktir memberikan penawaran diskon sebesar 20-50%. Ini berguna untuk mendapatkan daya tarik awal. Walaupun pengunjung datang karena diskon setidaknya mereka melihat produk, brand dan Fan Page Anda.

[Sumber: https://www.facebook.com/TheBodyShopIndonesia ]
Tip 11: Jangan Takut Untuk Lebih Personal. Orang suka untuk mengetahui siapa di balik layar yang mengelola Fan page. Banyak halaman-halaman yang memberi tahu adminnya agar bisa lebih dekat dengan pengguna.

Tip 12: Kunjungi Facebook Insight Secara Berkala. Insights berisikan laporan detail mengenai perkembangan kinerja Fan Page Anda. Kunjungi secara berkala dan analisis jenis konten apa yang disukai dan pukul berapa konten Anda mendapatkan engagement yang besar.

Tip 13: Targetkan Iklan Secara Spesifik. Memang mendapatkan harga yang murah selalu menjadi idaman setiap marketers. Tapi bila menargertkan secara spesifik Anda bisa mendapatkan niche lebih cepat. Walaupun harga lebih mahal tapi untuk ke depannya sangat membantu Anda.

Baca Juga:  Mengatasi Masalah Saat Membuat Folder OneDrive Pada Lokasi yang Diinginkan

Tip 14: Optimalkan SEO Facebook Anda. Gunakan kata kunci yang relevan pada nama dan deksripsi singkat. Pastikan profil Anda berisikan informasi yang relevan dan konsisten, seperti Nama Brand, Alamat dan Nomor Telepon. Biar gak disangka fiktif nanti!

Tip 15: Buat Group Facebook. Langkah ini paing jarang dilakukan banyak marketers karena selain membutuhkan banyak waktu juga kesabaran. Buatlah group sesuai dengan niche Anda, ini sangat membantu pertumbuhan Fan Page dan engagement. Bahkan group disinyalir lebih cepat tumbuh ketimbang Fan Page sendiri. Kamu juga bisa membagikan konten di group loh.

Itu dia 15 cara yang dapat kamu lakukan untuk meningkankan likes di Fan Page Facebook secara organik. Mengelola media sosial memang susah susah gampang yang penting Anda konsisten dan sabar serta menghasilkan konten berkualitas.