News

Fenomena “Selfie Mematikan” Yang Menjangkiti India

[Ilustrasi: joetroeman.tumblr.com]
Mengabadikan momen-momen seru dengan selfie memang mengasyikkan. Tapi, tahukah Anda bahwa selfie juga bisa mematikan? Sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti dari Carnegie Mellon University dan Indraprastha Institute of Information Delhi menemukan bahwa terdapat setidaknya 127 kematian yang berhubungan dengan selfie di seluruh dunia, mulai dari Maret 2014 hingga September 2016. Yang lebih mengejutkan, penelitian berjudul “Me, Myself, and My Killfie” ini juga mengungkapkan bahwa 76 kasus tersebut terjadi di India.

Di tempat kedua, terdapat Pakistan dengan 9 kasus, Amerika Serikat dengan 8 kasus, dan Rusia dengan 6 kasus. Menurut hasil analisis dari ribuan selfie yang tersebar di Twitter, para peneliti menemukan bahwa kaum Adam cenderung lebih sering mengambil selfie yang berbahaya dibandingkan perempuan. Di samping itu, tercatat bahwa 13 persen selfie diambil di lokasi yang berpotensi berbahaya. Mayoritas korban berusia di bawah 24 tahun.

“Terjatuh dari bangunan atau gunung” disebut sebagai penyebab kecelakaan yang paling sering terjadi (29 korban meninggal). Kasus kedua yang sering terjadi adalah “tertabrak kereta api” (11 korban meninggal). Makalah ini juga menyebutkan bahwa “tren ini berasal dari kepercayaan bahwa berfoto di tengah maupun di samping rel kereta api dengan sahabat merupakan sebuah penanda persahabatan yang abadi.”

Pemerintah India sebenarnya tidak tinggal diam dalam menghadapi fenomena ini. Menteri pariwisata India Mahesh Sharma dikabarkan telah meminta kepada pemerintah pusat untuk mengembangkan “no-selfie zones” (zona tanpa selfie) pada tempat-tempat wisata di India, mengingat banyaknya turis yang meninggal di lokasi wisata ketika sedang berpose untuk selfie. Tahun lalu, pemerintah India juga melarang selfie di daerah yang digunakan untuk upacara keagamaan Hindu “Kumbh Mela” karena mereka takut terjadi kericuhan dan kepadatan yang disebabkan oleh turis-turis yang ingin selfie di acara sakral tersebut.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID