Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

File Explorer di PC Windows 10 Anda Lemot? Ini Cara untuk Mengatasinya

[Gambar: tekrevue.com]
Apakah Anda pernah mengalami masalah pada PC Windows 10 Anda, khususnya pada program File Explorer? Meskipun Microsoft sendiri secara rutin memberikan pembaharuan pada sistem operasinya, terkadang masih saja ada pengguna yang  mengalami masalah pada program tersebut. Salah satu masalah yang sering dikeluhkan oleh pengguna adalah lambatnya program File Explorer. Lazimnya, file explorer ini bisa terbuka hanya dalam waktu dua atau tiga detik saja. Namun, ada keluhan pengguna yang mengklaim bahwa File Explorer nya terbuka dengan waktu yang lebih lama dari biasanya.

Jika Anda juga termasuk ke dalam pengguna yang mengalami masalah tersebut, jangan dulu cemas. Anda bisa mencoba langkah-langkah berikut ini untuk mengatasinya.

Metode 1

Melakukan Reboot pada PC Anda


Langkah yang pertama yang bisa Anda coba adalah melakukan reboot atau restart PC Anda. Biasanya, melakukan reboot bisa mengatasi masalah-masalah umum yang biasa ditemui pada PC Windows 10. Namun, jika metode ini masih saja tidak bisa menyelesaikan masalah yang Anda hadapi, silahkan coba metode selanjutnya.

Metode 2

Menghentikan dan menyalakan kembali layanan Start Windows Search

Langkah 1: Ketikkan System Configuration atau Msconfig pada kolom pencarian di Start menu / taskbar. Kemudian tekan tombol Enter pada keyboard untuk membuka kotak System Configuration.

Langkah 2: Pada halaman ini, buka tab Services. Anda akan bisa melihat daftar layanan yang tengah berjalan dan sedang berada dalam keadaan non aktif.

Langkah 3: Pada daftar layanan tersebut, cari entri layanan Windows Search.

Langkah 4: Setelah ditemukan, hilangkan tanda centang pada kotak yang ada di samping entri Windows Search. Klik tombol Apply untuk menghentikan layanan yang dimaksud.

Langkah 5: Setelah itu, beri tanda centang kembali pada kotak layanan Windows Search, kemudian klik tombol Apply untuk memulainya kembali.

Langkah 6: Tutup kotak System Configuration. Jika Anda melihat kotak dialog dengan opsi Restart dan Exit without restart, pilih opsi Exit without Restart. Sekarang, coba lagi membuka File Explorer untuk memastikan bahwa File Explorer telah kembali terbuka dengan cepat seperti biasanya.

Semoga metode-metode ini berguna untuk Anda!