News

Finlandia Sudah Mulai Menguji Coba Bis Swa Kemudi di Jalan Raya

[Foto: Robin van Lonkhuijsen | theguardian.com]
Dua buah unit bis swa kemudi (self-driving) dikabarkan telah mulai diuji coba di jalanan Helsinki, Finlandia. Meskipun statusnya untuk saat ini masih berupa uji coba, namun ini adalah yang pertama kalinya transportasi umum semacam ini mulai diujicoba di jalan raya.

Mini bus elektrik yang bernama Easymile EZ-10 ini dapat mengangkut 12 penumpang dan akan mulai beroperasi di wilayah Hernesaari, bagian selatan Helsinki, selama satu bulan lamanya. Uji coba ini diharapkan dapat memberikan gambaran yang jelas tentang kinerja dan kekurangan mini bus ini sebelum beroperasi penuh di publik.

Harri Santamala, ketua proyek uji coba ini menyatakan bahwa uji coba semacam ini memang sangat jarang dilakukan. Uji coba ini sendiri dilakukan menyusul uji coba awal yang dilakukan di jalanan tertutup di kota tetangga, Vantaa, pada sebuah perhelatan.

Finlandia kini menjadi salah satu pusat perkembangan dan pengujian teknologi otonom karena hukum di negara ini tidak mewajibkan sebuah kendaraan untuk selalu dikendarai oleh seorang supir ketika sedang beroperasi di jalan raya. Dengan demikian, perusahaan pun tidak perlu susah-susah melobi pemerintah untuk mengujicoba kendaraan otonomnya di jalan raya, seperti halnya yang terjadi di Amerika Serikat dan Eropa

Dinamika lalu lintas dalam kota tentunya akan sangat menantang bagi bis otonom ini, karena mereka harus beradaptasi dengan pejalan kaki maupun pengguna jalan lain yang sulit diprediksi. Bis ini sebenarnya memiliki kecepatan maksimum 40 km/jam, tapi untuk saat ini ia hanya akan bergerak pada kecepatan rata-rata 10 km/jam. Sebagai konsekuensinya, kendaraan ini akan terasa sangat lambat ketika berjalan di jalanan yang lancar.

Tentu saja, Finlandia bukanlah satu-satunya negara yang tertarik untuk menggunakan bis otonom. Sejumlah negara juga dikabarkan telah mengembangkan sistem kendaraan otonom, seperti Tiongkok yang pada tahun lalu sudah mulai menguji coba sebuah bis otonom di jalan raya.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID