Home  »  News   »  
News

Firefox Akan Hentikan Dukungan Terhadap Windows XP dan Vista Pada September 2017

[Gambar: mozilla.org]
Masih menggunakan sistem operasi (OS) Windows XP atau Windows Vista? Sebaiknya Anda segera mempertimbangkan untuk mengupdate OS yang Anda gunakan. Pasalnya, Firefox dikabarkan akan menarik dukungan terhadap kedua OS tersebut pada bulan September 2017 mendatang. Sebelumnya, beberapa browser lain sudah lebih dahulu menghentikan dukungannya terhadap kedua OS tersebut. Sebelum menghentikan dukungan sepenuhnya, pengguna Windows XP dan Vista akan diarahkan ke Firefox Extended Support Release (ESR) secara otomatis. Di pertengahan tahun 2017, pihak Firefox akan menaksir ulang jumlah pengguna Firefox yang masih menggunakan Windows XP dan Vista, lalu mengumumkan tanggal terakhir mereka akan mendapatkan dukungan dari Firefox.


Microsoft menghentikan dukungan terhadap Windows XP pada bulan April 2014, dan mereka pun akan melakukan hal yang sama pada Vista pada tanggal 11 April 2017 mendatan. Belum jelas berapa persentase pengguna Firefox yang masih menggunakan kedua OS ‘jadul’ tersebut, namun beberapa perusahaan analytics menyatakan bahwa persentasenya cukup kecil. Menurut perusahaan metrik Net Applications, bulan lalu Windows XP masih digunakan pada 8,6% dari komputer pribadi di dunia, dan Vista digunakan pada 1,1% PC yang ada di seluruh dunia.

Tentu saja, itu bukan berarti browser Firefox Anda tidak akan bisa berfungsi lagi pada perangkat Windows XP atau Vista Anda selepas tanggal tersebut. Browser akan tetap bisa berjalan sebagaimana biasanya, hanya saja Anda tidak akan mendapatkan update terbaru terhadap produk tersebut. Itu artinya, browser Anda akan rentan terhadap ancaman keamanan di dunia maya yang terus berkembang setiap harinya. Saya sangat menyarankan bagi Anda untuk meng-upgrade OS Windows Anda menjadi versi yang terbaru, seperti Windows 7, 8, maupun 10. Terutama bagi perusahaan, sangat dianjurkan untuk segera memperbaharui sistem operasi yang digunakan.