News

Fitur Autopilot Pada Mobil Tesla Model X Selamatkan Nyawa Penumpangnya

[Foto: digitaltrends.com]
Menyusul kecelakaan fatal—yang terjadi tanggal 7 Mei lalu—pada mobil Tesla Model S yang dikemudikan dalam mode Autopilot, banyak pihak yang mengecam dan mengkritisi sistem autopilot pada kendaraan tersebut. CEO Tesla, Elon Musk menegaskan bahwa mereka tidak akan menghilangkan mode Autopilot, karena mereka mengklaim bahwa fitur tersebut dapat menyelamatkan nyawa pengemudi dan penumpangnya.

Kini, sebuah kisah dari Joshua Neally bisa dibilang berhasil menyelamatkan wajah Tesla yang sebelumnya tercoreng karena kecelakaan fatal tersebut. Seperti dilansir dari Slate, Joshua Neally yang merupakan seorang pengacara berusia 37 tahun ini dikabarkan tengah dalam perjalanan pulang dari kantornya ketika ia merasakan rasa sakit yang luar biasa pada perutnya. Saat itu, ia tidak langsung memanggil ambulans dan malah mengaktifkan sistem Autopilot pada mobil Tesla Model X miliknya dan melaju sejauh hampir 20 mil ke rumah sakit terdekat.

Mobil Tesla Model X nya mengambil alih kemudi secara total selama ia berada di jalan tol, hingga kemudian Neally membelokkannya keluar dari jalan tol menuju ke rumah sakit terdekat. Dia pun segera memeriksakan dirinya ke ruang Unit Gawat Darurat, di mana dokter mendiagnosa bahwa dia mengalami gejala embolisme paru-paru—atau penyumbatan pada pembuluh darah di paru-paru—yang bisa berakibat fatal jika tidak ditangani dengan cepat. Neally pun akhirnya dirawat dan pulih dengan cepat sehingga ia bisa langsung pulang pada malam itu juga.

Neally mengatakan bahwa dia beruntung karena mobil yang dikendarainya adalah Tesla. Dia juga mengakui bahwa memang akan lebih aman jika pada saat itu dia menepi dan memanggil ambulans. Namun, ia juga percaya bahwa mode autopilot ini dapat mengantarkannya ke ruang UGD lebih cepat daripada harus menunggu ambulans, mengingat pada saat itu kondisinya sedang kritis.

Perlu dicatat bahwa situasi ini memang sangat mendukung bagi mode autopilot, mengingat hampir seluruh perjalanan dilakukan pada jalan tol. Neally pun hanya perlu sedikit menyetir mobilnya keluar dari jalan tol dan memarkirkannya di rumah sakit terdekat.

Sebelumnya, Tesla sudah mengatakan bahwa mode Autopilot ini hanya dapat berfungsi secara optimal di jalan tol dengan marka jalan yang jelas. Autopilot juga belum bisa mengidentifikasi lampu merah atau tanda berhenti, yang artinya akan beresiko jika kita menggunakan mode autopilot ini di jalan biasa.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID