Home  »  News   »  
News

Fitur Baru Google Gboard Mungkinkan Pengguna Menggambar Emoji Sendiri

[Foto: Google]
Baru-baru ini, Google merilis update untuk Gboard di Android, melengkapinya dengan fitur baru yang akan membantu Anda mempermudah dan mempercepat percakapan pesan singkat Anda.

Dengan fitur baru tersebut, Anda sekarang bisa menggambar emoji. Tidak, Anda tidak bisa membuat emoji Anda sendiri, namun Google akan mengenali emoji yang ingin Anda tampilkan, dan menawarkan beberapa sugesti dari database emoji yang mereka punya. Fitur ini kemungkinan dibuat dengan teknologi pada aplikasi AutoDraw Google yang diperkenalkan beberapa bulan yang lalu, yang juga mengubah corat-coret Anda menjadi clip art yang bagus.

Tentu saja, Anda masih bisa mencari emoji seperti biasa, tapi fitur baru ini berguna jika Anda mencari emoji tertentu tapi tidak tahu di mana letak pastinya. Plus, menggambar di layar digital bisa jadi menyenangkan.

Google juga telah mendemonstrasikan fitur “menggambar emoji” tersebut dengan menggunakan emoji “blobb” klasik, karena mereka—kemungkinan besar—akan melakukan desain ulang yang jauh lebih modern.


Untuk menggunakan fitur “menggambar emoji,” pengguna cukup menyentuh ikon tulisan tangan emoji di kotak pencarian emoji dan mulai menggambar emoji yang mereka cari. Ketika pengguna menambahkan elemen pada gambar, Gboard akan merekomendasikan emoji yang sesuai dengan gambar. Sebagai contoh, saat pengguna menambahkan telinga runcing ke gambar mereka, Gboard “menyadari” bahwa mereka mencari emoji kucing dan memberikan beberapa pilihan emoji kucing yang ada pada database. Aplikasi juga menawarkan pencarian berbasis teks untuk menemukan emoji tertentu.

Kedua, Google sekarang bisa memprediksi keseluruhan frasa, bukan hanya kata yang akan Anda ketik berikutnya. Ketik “What do” dan Google akan menyarankan “you think,” misalnya. Memang mungkin kita tidak membutuhkan semua fitur ini, terutama melengkapi satu kalimat ketika kita baru mengetik dua tiga patah kata. Namun fitur ini mungkin berguna untuk mereka yang memiliki kemampuan yang lebih lambat, atau jika Anda menggunakan perangkat dengan satu tangan. Fitur ini tersedia dalam bahasa Inggris, namun akan segera tersedia dalam bahasa lain.

Gboard suggestion dan gesture typing akan tersedia juga dalam bahasa Azerbaijan (Iran), Dhivehi, Prancis (Belgia), Hawaiian, Maori, dan Samoan. Selain itu, keyboard sederhana yang baru diluncurkan untuk mengetik dan mengirim SMS juga tersedia dalam bahasa Dzongkha, Ewe, Navajo, Tsonga, dan K’iche.

Terakhir, Google sekarang menampilkan banyak hasil saat Anda memulai penelusuran web melalui keyboard, yang seharusnya mempermudah pencarian dan berbagi hal-hal seperti saran atau lokasi restoran di Google Maps. Saat mencari di Gboard, Google akan memberikan hasil yang lebih banyak lagi, agar lebih mudah menemukan tautan ke bisnis atau restoran terdekat, atau informasi lainnya.

Integrasi penelusuran yang ditingkatkan ini kemungkinan akan terus memperkuat Gboard, yang pada awalnya diluncurkan sebagai cara untuk menghadirkan kemampuan pencarian dari keyboard. Aplikasi ini juga tersedia bagi perangkat iOS.

Belum ada keterangan mengenai kapan fitur ini masuk ke iOS, namun Anda akan melihatnya di Gboard for Android mulai hari ini dengan versi 6.3.