Home  »  News   »  
News

Fitur Baru Google Maps Mungkinkan Penggunanya Untuk Share Location Secara Real-Time

[Foto: blog.google.com]
Pertanyaan “sampai di mana?” mungkin adalah salah satu pertanyaan paling sering kita dapatkan dari orang lain. Terutama jika kita sedang janjian untuk bertemu di suatu tempat atau ingin mengerjakan sesuatu. Parahnya, tidak semua orang mau berbicara jujur ketika ia sadar ia melakukan kesalahan. Misalnya saja, bagi sebagian orang Indonesia, ketika ada acara jam 7. Berarti jam 7 ia baru keluar dari rumah. Contoh menyebalkan lain adalah orang sering mengabarkan posisinya di jalan padahal ia baru keluar rumah.

Bagi orang yang terbiasa on-time, kondisi ini jelas menjengkelkan. Orang-orang yang seperti itu, membuat orang lain membuang-buang waktu untuk menunggu. Ketika sudah ditanya pun, tak semua dari mereka berkata jujur.
Untungnya, di era yang semakin maju ini, kita mengenal teknologi bernama GPS. Teknologi GPS memungkinkan orang mengetahui posisi orang lain, dilihat dari posisi gadgetnya. Jadi, selama gadget itu masih melekat bersama orangnya, bisa dipastikan posisinya sama.

Baru-baru ini, Google meluncurkan sebuah fitur yang memungkinkan orang untuk tahu posisimu, bahkan secara real-time. Melalui fitur ini, kamu dimungkinkan untuk membagi lokasi pada daftar kontak yang telah kamu pilih. Kamu juga bisa mengatur seberapa lama orang bisa mengakses informasi tersebut. Dengan demikian, orang bisa tahu posisimu di mana dan kapan ia akan sampai di tempat tujuan seandainya kamu sedang janjian atau menunggunya.


Tak hanya memberikan kepastian pada orang-orang yang menunggu, melalui fitur ini, kita juga bisa meningkatkan keamanan jika sedang bepergian sendiri. Fitur ini membantu kita untuk tetap terpantau orang lain. Misalnya saja, jika kamu harus pulang larut malam, kamu bisa mengabarkan posisimu pada orang di rumah sekaligus memberi tahu mereka bahwa kamu sedang berada di perjalanan. Hal ini mungkin akan meningkatkan keamanan perjalananmu karena ada orang yang akan mengawasi perjalananmu.

  1. Cara menggunakan fitur baru ini mudah sekali. Kamu bisa menggunakan rute di Google Maps seperti biasanya.
  2. Kemudian, di menu akan ada opsi “Share Location”.
  3. Setelah itu, kamu bisa memilih pada daftar kontak, siapa saja yang akan kamu bagikan lokasi tersebut.
  4. Setelah membagikan ke daftar kontak, atur waktu seberapa lama orang itu bisa melihat status perjalananmu. Kamu bisa menyettingnya sesuatu ETA yang ada pada Google Maps atau tergantung pilihan kamu sendiri. Meski demikian, kamu tetap bisa menghentikannya sewaktu-waktu.

Jika sudah aktif, akan muncul notifikasi pada orang yang kamu kirimi location. Fitur ini bisa digunakan di seluruh aplikasi Google Maps, baik itu di web, Android maupun iOS. Dengan fitur ini, kamu mungkin akan terhindar dari pertanyaan “sampai di mana?” atau bahkan tidak bisa mengelak dari temanmu yang sudah menunggu. Sayangnya fitur ini memang baru dirilis di US. Namun, jangan khawatir, karena sebentar lagi semua pengguna Google Maps di seluruh juga juga dipastikan akan menikmati fasilitas ini, termasuk kamu yang di Indonesia.