News

Fitur Baru Google Slides Membuat Anda Tidak Perlu Canggung untuk Bertanya Saat Sesi Presentasi

[Foto: docs.googleblog.com]
[Foto: docs.googleblog.com]
Pada hari Rabu (04 Mei 2016), Google memperkenalkan sebuah fitur baru pada layanan Slides yang disebut Slides Q&A. Layanan ini memungkinkan para penonton presentasi untuk mengajukan pertanyaan pada moderator secara langsung tanpa mengganggu presentasi mereka. Pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh penonton melalui fitur ini akan muncul di layar aplikasi moderator, serta pada layar aplikasi orang lain yang hadir dalam presentasi tersebut.

Menurut pernyataan Google, fitur ini telah diuji pada saat presentasi Shree Bose, pemenang Google Science Fair di kantor Google New York. Presentasinya di depan 200 siswa SMP mengundang sebanyak 170 pertanyaan.

Fitur ini bisa membuat sesi tanya jawab setelah presentasi menjadi lebih efisien, terutama pada acara-acara di mana mayoritas penontonnya bisa mengakses smartphone atau laptop. Lagipula, tidak semua orang ingin menjadi pusat perhatian dengan maju ke panggung dan mengajukan pertanyaan di depan banyak penonton. Situs yang memberikan fitur yang sama di antaranya adalah Social Q&A atau layanan yang berbasis pesan singkat seperti Poll Everywhere. Keduanya sama-sama menawarkan fitur tanya jawab pada presentasi, namun alternatif ini terbilang agak mahal dan tidak begitu terintegrasi dengan perangkat lain seperti halnya Slides.

Sebenarnya, Google sebelumnya pernah menawarkan layanan serupa yang disebut Moderator. Sebelum ditutup pada bulan Juli 2015, Moderator menawarkan layanan tanya jawab yang sama, hanya saja layanan ini lebih fokus untuk mengumpulkan pertanyaan menjelang acara besar.

Selain Q&A, Google juga menambahkan dua fitur baru untuk Slides yang dapat mempermudah presentasi Anda. Yang pertama adalah kemampuan untuk menyajikan slide presentasi pada Google Hangout dari iPhone dan iPad; yang kedua adalah pengenalan penunjuk laser digital untuk mereka yang presentasi menggunakan komputer.

Pembaharuan pada aplikasi Slides tersebut telah diluncurkan secara global dan tersedia untuk perangkat iOS dan Android Anda.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID