Home  »  News   »  
News

Fitur Baru: Pengguna Instagram Bisa Unggah Banyak Foto Sekaligus

[Foto: Pixabay.com]
Saat menjalani momen-momen istimewa seperti ketika liburan ke tempat-tempat eksotik di Indonesia, atau ketika menikmati waktu bersama anak dan pasangan, misalnya, tentu Anda seringnya mengambil banyak foto. Setiap foto memiliki cerita tersendiri, yang ingin Anda bagi dengan teman-teman dan keluarga di media sosial. Namun ketika membuka akun Instagram Anda, seringnya Anda galau, foto mana yang akan diunggah? Anda tak ingin para follower Anda “capek” melihat sederet foto yang diambil di tempat yang sama, namun tetap ingin membagi beberapa foto yang Anda nilai istimewa.

Nampaknya Instagram mulai menyadari kebutuhan para penggunanya ini. Terinspirasi dari fitur galeri di platform-platform lain, di mana pengguna bisa membuka galeri dan memilih foto-foto yang ingin mereka lihat, Instagram sepertinya tengah melakukan ujicoba untuk menghadirkan fitur serupa di platformnya.


Sebuah pembaharuan yang disebarkan kepad penguji coba beta di Android mengungkap fitur baru berupa opsi mengunggah foto dalam bentuk album, di mana pengguna bisa memilih banyak foto dari ponsel untuk diunggah menjadi satu postingan.

Seperti dilansir dari TechCrunch, Kamis, 02 Februari 2017, pembaruan tersebut pertama kali ditemukan oleh Droid Life, dan dikomfirmasi oleh The Verge dan beberapa pengguna beta lainnya. Namun tak semua pengguna yang sudah menggunakan pembaruan terakhir bisa mengakses fitur tersebut.

Menurut ujicoba yang dilakukan Droid Life, pengguna bisa memilih 10 gambar sekaligus dalam sekali unggah, dan mereka bisa menerapkan filter-filter yang berbeda untuk setiap foto. Dengan adanya fitur ini di Instagram, nampaknya harapan dari sebagian besar pengguna bakal terpenuhi, karena mereka tak perlu lagi berkali-kali mengunggah foto dan membanjiri pengikutnya dengan banyak foto dalam satu waktu.

Instagram telah menawarkan fitur serupa kepada pengiklan pada Maret 2015 lalu, dan sejak itu fitur album foto telah menjadi alat eksklusif bagi pengiklan untuk mempromosikan produk-produk mereka. Dengan diluncurkannya fitur ini untuk umum, seluruh pengguna Instagram kini bisa membuat album foto mereka sendiri dengan gratis.

Namun hingga saat ini, masih belum jelas kapan fitur album foto ini akan diluncurkan. Pihak Instagram sendiri belum berkomentar mengenai hal ini.