News

Fitur Baru WhatsApp: Tagging Pengguna Lain

[Gambar: venturebeat | venturebeat.com
WhatsApp, pengiriman pesan instan untuk smartphone yang kini tengah marak, makin naik daun dengan berbagai fitur yang telah diperbaharui oleh pihak perusahaan. Bosan dengan tampilan SMS, kini WhatsApp menyuguhkan pengalaman baru bagi pengguna telepon genggam dalam mengirim pesan. WhatsApp pun tak kalah saing dengan perpesanan instan lain seperti LINE dan Telegram.

Dilansir dari Dailymail, kini WhatsApp mengadakan pembaharuan lagi yaitu tagging feature. Jadi, dengan menggunakan tagging feature ketika satu pengguna tagging pengguna lain, tetap akan terdengar bunyi notifikasi pada ponsel pintar pengguna lain meskipun pengguna lain tersebut telah menonaktifkan notifikasi pada grup yang bersangkutan.

Untuk melakukan tagging ke pengguna lain, tak perlu bingung, hanya dengan mengetik simbol [email protected] diikuti dengan nama pengguna lain dalam kontak, mirip seperti memention di Twitter. Semudah itu. Dengan demikian, dering notifikasi akan segera terdengar di gawai milik sang pengguna lain.

Fitur tagging ini pun sebelumnya telah digunakan dalam aplikasi Facebook dan Instagram, dengan cara yang tak jauh beda pula. Meskipun tagging feature dalam kedua aplikasi tersebut digunakan pada status Facebook dan caption Instagram, bukan pada grup chat.

Bahkan, fitur tagging ini memperbolehkan satu pengguna untuk tagging pengguna lain yang bahkan tak terdaftar dalam kontaknya. Namun sang pengguna lain harus paling tidak berada satu grup yang sama. Dengan sistem teman mutual seperti ini, diharapkan dapat meminimalisir anonimitas.

Kini, WhatsApp pun dikabarkan memperbanyak batas maksimal anggota dalam grup chat yang awal mulanya hanya 100 orang. Sang admin sekarang dapat menambahkan hingga 256 anggota dalam satu grup chat. Grup apa kira-kira yang beranggotakan orang sebanyak itu? Hmmm.

Namun sayang sekali, seperti yang dikatakan oleh TheNextWeb, fitur tagging ini masih berlaku hanya pada gawai dengan OS iOS and Android. Fitur ini masih belum dapat digunakan pada versi desktop WhatsApp.

Selain fitur tagging, TheInquirer menyatakan bahwa WhatsApp pun kini telah meperbaharui aplikasinya pada iPhone yang sudah dilengkapi dengan spesifikasi iOS 10. Ketika menggunakan WhatsApp, kini pengguna dapat menyuruh Siri untuk mengirimkan pesan WhatsApp. Pengguna WhatsApp pun kini dapat dengan mudah memerintah Siri untuk menerima telpon meskipun hp sedang dalam keadaan terkunci.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID