Home  »  News   »  
News

Fitur-fitur yang Ditawarkan iOS 11, Sistem Operasi Terbaru Apple

[Foto: Shutterstock/Hadrian]
Apple telah mengumumkan versi beta dari iOS 11, sistem operasi terbaru untuk iPhone dan iPad. Jika Anda tertarik memasangnya pada perangkat Anda, ada beberapa hal yang perlu diketahui. Lihat cara mengunduh dan memasangnya di tautan ini, dan pelajari berbagai fitur bari iOS 11 yang tersedia untuk Anda.

Update Apple Maps

Apakah Anda sering menggunakan Apple Maps untuk sampai ke mall? Di iOS 11, Anda akan bisa terus menggunakan aplikasi tersebut untuk mengemudi ke tempat belanja, kafe, atau restoran favorit. Namun kali ini, Apple Maps dilengkapi dengan peta 3D untuk membantu Anda menavigasi pusat perbelanjaan lokal Anda. Namun peta 3D ini baru tersedia untuk tempat-tempat tertentu saja, mulai dari kota-kota besar terlebih dahulu, lalu Apple akan memperbaharuinya hingga menjangkau tempat-tempat lainnya.

Hal yang sama berlaku untuk bandara, dengan peta indoor yang kini tersedia di iOS 11 untuk bandara-bandara utama di seluruh dunia, dan lebih banyak bandara dalam pembaruan-pembaruan selanjutnya.

Jika Anda benar-benar mengandalkan Apple Maps saat mengemudi, iOS 11 kini memiliki fitur batas kecepatan dan peringatan panduan lajur di jalan raya untuk memudahkan navigasi saat berada di jalan. Seperti Google Maps, Apple akhirnya akan memperkenalkan opsi zoom satu tangan, meski belum ada rincian mengenai hal tersebut.

Desain baru Control Center dan Notification Center

Di iOS 11 Control Center akan lebih sederhana, dengan semua pilihan terpampang dalam satu layar termasuk playback dan kontrol AirPlay. Desain baru ini juga akan mencakup desain slider vertikal yang dimaksimalkan untuk kontrol kecerahan dan volume. Notification Center  lock screen juga akan digabungkan ke dalam satu layar, mengharuskan Anda menggulir ke atas atau ke bawah untuk melihat notifikasi, alih-alih menyamping.

Siri Upgrade

Selain peningkatan visual dan pilihan suara pria dan wanita yang ekspresif, di iOS 11 Siri mendapatkan keterampilan terjemahan yang lebih baik, termasuk bahasa Inggris ke bahasa China, Italia, Jerman, Prancis, dan Spanyol, dengan lebih banyak bahasa yang akan ditambahkan di kemudian hari. Siri juga bisa lebih banyak belajar, berdasarkan perangkat yang digunakan, apa yang diminati dan dibutuhkan pengguna berdasarkan lokasi dan informasi yang pernah mereka minta.

Pesan dan Peer-to-Peer Apple Pay Payments

iMessage tetap menjadi salah satu platform chatting terbaik yang pernah ada (dengan asumsi teman dan keluarga Anda semua memiliki iPhone). Selain stiker yang bisa digunakan, Anda sekarang bisa menggunakan Apple Pay melalui aplikasi iMessage versi terbaru, dengan otentikasi sidik jari TouchID, untuk mengirim pembayaran dengan cepat (dan dienkripsi secara end-to-end) kepada teman atau kontak yang ada di iMessage Anda.


Dengan menggunakan iCloud, iOS sekarang akan memastikan iMessages Anda tetap disinkronkan dengan sempurna di semua perangkat Anda. Apple juga terus mendorong fitur stikernya dengan drawer aplikasi yang didesain ulang sehingga memudahkan akses.

Update Apple Music

Apple mengarahkan perhatiannya pada Spotify bersama Apple Music, dan meski belum berhasil mengalahkan layanan streaming populer yang ada saat ini, iOS 11 Apple Music kini memungkinkan Anda mengetahui musik apa yang didengarkan teman Anda. Anda pun bisa membuatnya “private” kalau-kalau Anda tak ingin teman-teman tahu selera musik Anda Apple Music juga akan memiliki fitur playlist Shared ‘Up Next’—playlist bersama—sehingga teman Anda dapat melihat musik yang ada, dan memberikan kontribusi mereka sendiri ke dalam playlist yang bisa dinikmati bersama tersebut.

Augmented Reality

Meskipun fitur ini tidak langsung tersedia bagi pengguna saat mereka melakukan upgrade ke iOS 11, Apple mengenalkan backend tool baru untuk pengembang yang disebut ARKit yang memungkinkan mereka memanfaatkan kamera atau sensor iPhone, kamera, giroskop, dan perangkat keras lainnya untuk menciptakan dan memperbaiki pengalaman augmented reality (AR). Fitur tersebut diperkelankan oleh Pokemon Go, sebelum kita berhenti memainkannya.

Kamera dan Foto

Meminjam fitir dari Instagram, aplikasi kamera iPhone dan iPad akan mendapatkan filter fotografi baru pada iOS 11, termasuk efek long-exposure untuk Live Photos untuk menangkap gambar keren dari benda-benda yang bergerak, seperti air terjun misalnya . Live Photos juga bisa dipangkas, dan pengguna bisa menentukan frame video pendek mana yang bisa digunakan seperti untuk memotret benda yang diam.

Untuk membantu memaksimalkan kapasitas penyimpanan pada iPhone atau iPad Anda yang tidak dapat ditambah, iOS 11 juga memperkenalkan skema kompresi HEIF yang baru. Dengan skema ini, gambar akan disimpan dengan ukuran yang lebih kecil daripada JPEG, tanpa banyak kehilangan kualitas gambar. Hal yang sama berlaku untuk video, dengan codec video HEVC yang baru.

Yang terakhir, gambar animasi GIF tidak hanya bisa bergerak di aplikasi iOS Photos (sebelumnya gambar tetap statis yang memerlukan aplikasi pihak ketiga untuk melihat animasi). Bahkan gambar-gambar GIF akan mendapatkan folder “Animated” sehingga lebih mudah ditemukan.

Home Kit dan AirPlay 2

Selain menambahkan dukungan speaker nirkabel ke aplikasi Apple Home, Home Kit akan memperkenalkan AirPlay 2 untuk mengendalikan perangkat keras audio Anda yang mendukung pemutaran multi ruang, termasuk Apple TV. Namun untuk saat ini, pembaruan ini tidak berlaku untuk Sonos.

Apple CarPlay “Do Not Disturb

Mungkin agak membuat Apple CarPlay menarik, tapi dengan iOS 11, menggunakan ponsel Anda di mobil akan sedikit lebih aman—dengan tidak membiarkan Anda menggunakannya. Dengan memanfaatkan efek doppler Bluetooth dan wi-fi yang cerdas untuk mendeteksi saat Anda berada dalam kendaraan yang bergerak, CarPlay akan secara otomatis mengunci ponsel Anda, tidak memberi Anda apapun untuk dilihat selain layar kosong. Opsi balasan otomatis untuk Messages juga akan tersedia di iOS 11, yang akan memberi notifikasi pada orang yang menghubungi Anda, bahwa Anda sedang mengemudi.

Sebetulnya masih banyak fitur-fitur lain yang ada di iOS 11, baik yang signifikan maupun tidak. Untuk lebih lengkapnya, mungkin Anda perlu mencoba versi beta dari OS terbaru Apple ini?