Home  »  News   »  
News

Fossil Luncurkan Smartwatch Hibrida Berkolaborasi dengan Merek Terkenal Dunia

[Foto: Fossil]
Banyak orang menganggap smartwatch alias jam tangan pintar bukanlah jam tangan sungguhan, karena fungsi dan tampilannya (dengan layar sentuh, koneksi smartphone, dan tanpa jarum jam yang bergerak) lebih mirip gadget yang dipakai di pergelangan tangan.

Smartwatch, seperti halnya jam tangan digital, cenderung berpenampilan bulky dan kurang anggun. Tak seperti jam tangan analog yang terlihat klasik dan berkelas. Namun dengan adanya hybrid smartwatch, Anda tetap bisa mendapatkan tampilan yang elegan dan sophisticated dari jam tangan analog, juga bisa menikmati teknologi yang ditawarkan smartwatch.

Salah satu merek jam tangan kelas dunia, Fossil, nampaknya menaruh minat tinggi dalam mengembangkan teknologi smartwatch, khususnya Android Wear dengan lini produk the Q Founder, Q Wander, and Q Marshall. Namun sepertinya Fossil masih ingin terus mengembangkan berbagai inovasi dengan produk smartwatch mereka, dengan meluncurkan hybrid smartwatch.

Smartwatch hibrida Fossil, yang mengusung nama beberapa merek terkenal seperti Emporio Armani, Kate Spade, dan the Diesel, memang bukan Android Wear, namun ketiganya kompatibel dan bisa terhubung dengan baik dengan ponsel dengan sistem operasi Android ataupun iOS. Ketiganya diluncurkan di gelaran Baselworld 2016, yang merupakan gelaran bergengsi bagi industri jam tangan dunia.

Semua smartwatch hibrida yang dikeluarkan Fossil memiliki desain yang klasik dan anggun, dan dilengkapi dengan berbagai “kepintaran” seperti activity tracking, sleep tracking, menunjukkan notifikasi dari smartphone, alarm, dan lain sebagainya. Ketiganya memiliki tombol di sisi-sisinya untuk mengendalikan berbagai fungsi cerdas pada smartwatch, dan ketiganya juga menggunakan baterai sel koin yang sama, yang akan bertahan selama enam bulan sebelum perlu di-charge.


Hybrid smartwatch lini Emporio Armani Connected memiliki lima versi berbeda, dengan desain lempeng jam logam sebesar 22 milimeter dan variasi tali jam mulai dari tipe rantai dari stainless steel, rantai berwarna hitam, tali kulit berwarna rose gold dan cokelat, rantai dan tali kulit berwarna biru, serta rantai gun metal dan tali kulit hitam.

Salah satu fitur yang menarik perhatian dari Emporio Armani adalah lempeng jam kedua yang berfungsi sebagai activity tracking display. Koleksi terbarunya tersedia di situs web Emporio Armani Connected dengan harga mulai dari $245 atau sekitar Rp3,3 juta jika dirupiahkan. Namun jika memang masuk ke Indonesia, tentu harganya akan lebih tinggi daripada harga konversi.

Untuk smartwatch hibrida Diesel Timeframe, desainnya terlihat lebih sporty dan industrial, mulai dari harga $225 (sekitar Rp3 jutaan). Smartwatch hibrida Diesel ini tersedia dalam lima varian yang semuanya memiliki lempeng stainless steel. Variasi hadir pada talinya, yakni warna hitam, cokelat, dan cokelat tua.

Yang terakhir, smartwatch hibrida khusus wanita Kate Spade berpenampilan seperti jam analog yang elegan. Koleksi Kate Spade hybrid smartwatches tersedia dalam tiga desain, termasuk rose gold dengan tali kulit hitam, silver dan tali kulit abu-abu, dan emas dengan tali kulit vachetta (pink pucat). Panjang tali kulitnya sepanjang 18 minimeter, dengan mesin jam tahan air. Masing-masing jam tangan bakal dibanderol seharga $250 atau setara dengan Rp3,4 jutaan.

Lalu apa yang membuat ketiga merek smartwatch hibrida tersebut istimewa? Selain desainnya yang keren dan elegan, Anda bisa melacak aktivitas harian Anda dengan jam cerdas ini. Tombol-tombol di samping lempeng jam memungkinkan jam untuk melakukan fungsi-fungsi cerdas seperti mengetahui kemajuan olahraga fitness Anda atau mengontrol kamera dari jauh. Namun bagian terbaik dari hybrid smartwatch terletak pada baterainya. Karena tak ada layar display digital, baterai akan awet dan Anda bisa men-charge baterai jam enam bulan sekali.

Smartwatch hibrida Kate Spade bakal tersedia pada awal 2017 mendatang, namun smartwatch hibrida Diesel dan Armani kabarnya akan diluncurkan pada akhir Desember 2016 ini.