News

Galaxy Note 7 Meledak Saat Mengisi Baterai, Samsung Tunda Distribusi Ponsel Tersebut

[Foto: digitaltrends.com]
Baru saja beberapa minggu lalu Samsung Galaxy Note 7 diluncurkan, perusahaan asal negeri gingseng ini kini tersandung kasus Galaxy Note 7 yang meledak ketika sedang mengisi baterai. Karena hal ini, Samsung memutuskan untuk menahan distribusi produknya yang satu ini untuk melakukan uji pengendalian mutu (quality control).

Mengenai hal ini, Samsung mengatakan pada Reuters bahwa “pendistribusian Galaxy Note 7 ditunda karena adanya uji pengendalian mutu tambahan [pada produk tersebut.]” Pihak Samsung sendiri tidak menginformasikan secara spesifik apa yang menjadi pemicu ‘uji pengendalian mutu tambahan’ tersebut. Namun, dapat disimpulkan bahwa penundaan ini dilakukan sebagai langkah pencegahan agar tidak terjadi lagi hal yang serupa.

Memang masih belum jelas apa yang menyebab ledakan itu, tapi yang jelas hal ini semua kasus ledakan ini memiliki satu faktor yang sama: ponsel tersebut meledak ketika sedang mengisi baterai dengan menggunakan adaptor microUSB to USB C. Belum ada informasi lagi apakah adaptor yang digunakan memang resmi dari Samsung atau merupakan adaptor pihak ketiga. Tapi, jika melihat kerusakan yang dialami oleh ponsel yang meledak itu, rasanya kecil sekali kemungkinannya bahwa para korban menggunakan adaptor resmi. The Korea Herald melaporkan bahwa Samsung kini telah mengumpulkan ponsel-ponsel yang meledak itu dari para korban dan tengah melacak sumber masalahnya.

Sebelumnya, kasus serupa juga pernah terjadi pada iPhone yang meledak karena penggunanya mengisi baterai ponsel tersebut dengan menggunakan kabel charger yang tidak resmi. Mengingat peristiwa ini berhubungan dengan penggunaan adaptor microUSB pada saat pengisian baterai, utuk berjaga-jaga sebaiknya hindari penggunaan adaptor microUSB yang tidak resmi dan gunakan charger resmi yang diberikan oleh Samsung. Ingat, meskipun harganya lebih murah, tapi menggunakan aksesoris tidak resmi bisa membahayakan keselamatan Anda.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID