Home  »  News   »  
News

Gandeng KreditPlus, JD.ID Mungkinkan Pelanggan Mencicil Tanpa Kartu Kredit

[Foto: Screen Capture JD.ID]
Di era digital ini, banyak orang yang lebih memilih belanja online ketimbang pergi ke toko untuk membeli barang yang diinginkan. Belanja online memang menawarkan banyak keuntungan. Selain hemat waktu dan tenaga karena bisa membeli barang hanya dalam beberapa kali klik, dengan berbelanja online Anda bisa membandingkan berbagai jenis barang dan melihat review-nya dalam waktu singkat, sebelum memutuskan untuk membeli. Di samping itu, waktu pengiriman yang makin singkat dan sistem pembayaran yang makin mudah dan variatif juga menjadi kenyamanan lain yang ditawarkan banyak perusahaan e-commerce kepada pelanggannya.

Namun sayang, ada beberapa kendala yang dirasakan orang saat berbelanja online, khususnya mereka yang tak memiliki kartu kredit. Jika ingin membeli barang, mereka harus membayar saat itu juga dan pergi ke ATM untuk mentransfer dana. Sangat tidak praktis.

Hal tersebut nampaknya terlintas di benak para petinggi JD.ID ketika memutuskan untuk bekerjasama dengan Kreditplus. Kerjasama ini memungkinkan pelanggan JD.ID untuk berbelanja secara kredit di situs e-commerce yang terafiliasi dengan JD.com tersebut, walau tanpa kartu kredit, dengan bunga mulai dari 2,99 persen.

Bagi Kreditplus sendiri, kerjasama ini merupakan kali pertama mereka memberikan layanan kredit finansial untuk e-commerce. Perusahaan pembiayaan yang berada di bawah PT. Finansia Multi Finance telah beroperasi sejak 1994, dan selama ini lebih sering melayani pembelian kredit di toko-toko fisik.


Selain bisa bebas berbelanja dengan cara kredit tanpa kartu kredit dengan limit transaksi mencapai 20 juta rupiah, pelanggan JD.ID juga terbebas dari kewajiban mengisi data kartu dan melalui proses 3D Secure saat berbelanja online. Pelanggan bisa membeli dan segera menerima barangnya tanpa down payment (DP), dan membayar cicilan di bulan berikutnya.

Menurut keterangan dalam siaran pers JD.ID, proses pembelian dengan Kreditplus cukup cepat; hanya tiga hari kerja maksimal. Setelah pengajuan, pelanggan akan mendapatkan info mengenai kredit, apakah ditolak atau diterima.

Keuntungan tersebut didapat karena sistem JD.ID dan Kreditplus sudah terintegrasi, sehingga pengisian formulir pengajuan oleh pelanggan menjadi lebih sederhana, proses surveinya lebih cepat, barang cepat diterima pelanggan, distribusi dan pemrosesan data juga lebih cepat.

Sampai saat ini, jumlah pelanggan yang sudah berbelanja di JD.ID menggunakan Kreditplus sebanyak total 600 pelanggan dan per 23 November 2016, jumlah nilai pembelian JD.ID yang menggunakan Kreditplus mencapai Rp2,7 milyar.

Namun sayangnya, tak semua jenis produk di JD.ID dapat dibeli dengan sistem kredit dari Kreditplus. Jika Anda ingin mencoba fasilitas ini, produk yang bisa dibeli hanya terbatas dalam kategori handphone, tablet, elektronik rumah tangga, sistem audio video, furnitur, game console, alat musik, alat kebugaran, komputer dan laptop, serta kereta dorong bayi.

Jika memang barang yang Anda inginkan ada dalam salah satu kategori tersebut, tak ada salahnya mencoba karena selama bulan Desember 2016 ini, pengguna yang berbelanja dengan Kreditplus bakal mendapat gratis satu bulan cicilan pertama, jika memilih tenor 12 bulan, tanpa persyaratan lainnya. Selain itu, ada juga tambahan voucher belanja Rp200.000 dengan minimum pembelian Rp500.000 untuk dipakai di transaksi berikutnya, bagi 100 pengguna pertama yang kreditnya disetujui.