News

Geliat EMTEK di Bisnis Digital Indonesia

loading...

Dari situs berita, marketplace, vendor pernikahan hingga pembelian tiket online kini sudah ada dalam genggaman bisnis EMTEK (PT Elang Mahkota Teknologi Tbk). Perusahaan yang bermarkas di Senayan City ini tidak main-main masuk ke bisnis digital. Mengeluarkan dana besar untuk mendatangkan ahli dari Silicon Valley dan mengakuisisi bisnis lain pun tidak jadi masalah.

EMTEK awalnya merupakan perusahaan distributor elektronik. Belakangan EMTEK bergeser ke bisnis media dengan menguasai kepemilikan stasiun televisi SCTV. Dan seperti bisnis konglomerat lainnya, perusahaan milik keluarga Sariaatmadja ini pun belakangan merambah ke dunia digital, kebanyakan melalui anak perusahaannya KMK (Kreatif Media Karya). KMK dipimpin langsung oleh Adi Sariaatmadja, putra dari sang komisaris utama EMTEK, Eddy Kusnadi Satriaatmadja. Apa saja portofolio EMTEK di bisnis digital?

4 Serangkai

Ini adalah produk-produk yang 100% dimiliki oleh KMK:

  • Liputan6.com: Portal berita
  • Bola.com: Portal vertikal, spesifik tentang sepakbola.
  • Bintang.com: Portal vertikal, spesifik tentan dunia hiburan (ala KapanLagi atau DetikHot)
  • Vidio.com: Situs berbagi video, yang kabarnya konsepnya berbeda dengan YouTube
Baca Juga:  Perburuan Mesin yang Menjual Kacamata Snapchat Seperti Main Pokemon

Ketiga portal di atas sebenarnya menggunakan platform sistem CMS tunggal yang dikembangkan oleh KMK Labs sendiri.

3 Serangkai

Ketiga perusahaan ini bermuara pada Suitmedia -sebuah creative digital agency. Bisnis Suitmedia adalah mengembangkan website, aplikasi mobile, jasa konsultasi strategi konten dan pemasaran digital.

Didirikan pada pada tahun 2009 oleh Achmad Zaky dan Nugroho. Keduanya merupakan alumni Teknik Informatika ITB. Belakangan rekan mereka Muhamad Fajrin Rasyid (juga alumni ITB) turut bergabung setelah meninggalkan pekerjaannya di Boston Consulting Group.

Dari Suitmedia inilah akhirnya lahir Bukalapak.com dan Hijup.com.

  • Bukalapak.com: Beberapa kali mendapatkan investasi dari KMK. Pada Januari 2015, KMK sudah memiliki 49% saham di Bukalapak. Investasi terakhir KMK ke Bukalapak Rp 280 miliar.
  • Hijup.com: E-commerce untuk produk muslimah. Dijalankan oleh istri Zaky, Diajeng Lestari. E-commerce ini juga mendapatkan investasi dari KMK. Tetapi tidak ada informasi berapa besar kepemilikan KMK di Hijup.com
  • Suitmedia (PT Suitmedia Kreatif Indonesia): Pada Oktober 2015 KMK akhirnya mengambil alih  50% saham Suitmedia. Dalam laporan tahunannya, perusahaan ini masih merugi di tahun 2015, walaupun nilainya tergolong kecil, Rp 57 juta.
Baca Juga:  Cara Membuat Drop-Down List pada Program Microsoft Excel

Rumah.com (PT Allproperty Media)

Rumah.com merupakan situs listing properti yang paling masuk akal bagi saya. UI/UX situs ini sangat memudahkan pengguna mencari properti, hasilnya pun sesuai harapan (terlepas dari ketidakakuratan pengisi data). Ini yang tidak saya temui di situs pesaing mereka: Rumah123.com, UrbanIndo.com, dll.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID