Home  »  News   »  
News

General Motors Mulai Menguji Coba Mobil Swa Kemudinya di Michigan

[Foto: fortune.com]
CEO General Motors (GM) Mary Barra mengumumkan pada konferensi pers bahwa perusahaan tersebut akan mulai menguji coba kendaraan swa kemudinya di jalanan Michigan. Kabarnya, GM juga berencana bahwa pada awal tahun depan ia akan mulai mengembangkan mobil swa kemudi generasi terbaru pada pabriknya di Michigan. Langkah ini diambil menyusul keputusan pemerintah daerah Michigan yang mengizinkan kendaraan swa kemudi untuk beroperasi di jalanan Michigan. Pemerintah juga mengizinkan transaksi jual beli dan penggunaan kendaraan swa kemudi oleh pelanggan, jika memang teknologi tersebut sudah terbukti aman dan siap digunakan. Selain itu juga, Michigan telah mengizinkan penggunaan mobil swa kemudi dalam layanan ridehailing seperti Uber.


GM sekarang memang sedang gencar-gencarnya mengembangkan teknologi swa kemudinya. Tahun lalu saja, GM telah mengakuisisi sebuah startup yang bergerak di bidang kendaraan swa kemudi, Cruise Automation. Sejauh ini, keduanya telah menguji coba 40 mobil Chevy Bolts swa kemudi di jalanan San Francisco dan Scottsdale, Arizona. Sebelumnya, jajaran eksekutif GM pernah mengatakan bahwa ada juga kemungkinan bahwa GM akan meluncurkan layanan swa kemudinya bersama dengan mitranya, Lyft.

Mobil swa kemudi pertama yang diuji coba di jalanan Michigan akan dinaiki oleh seorang teknisi yang siap siaga di bangku supir untuk mengambil alih kemudi jika terjadi kejadian darurat. Mobil swa kemudi Bolt EV ini bisa diidentifikasi dengan mudah, dengan warna putih, plat mobil khusus manufaktur, dan atap mobil yang diisi oleh LIDAR dan kamera. Menurut Barra, Michigan memang menawarkan beragam medan uji coba, terutama dari segi cuaca, iklim, dan kondisi jalan. Ia juga menyatakan bahwa area uji coba mereka kini telah mencakup banyak medan, mulai dari panasnya padang pasir hingga jalanan yang padat.