Home  »  News   »  
News

Go-Pay Terima Penghargaan Bank Indonesia untuk Kampanye Masyarakat Tanpa Uang Tunai

Nadiem Makarim pendiri Gojek Terima penghargaan Bank Indonesia untuk Gopay
Nadiem Makarim pendiri Go-jek Terima penghargaan Bank Indonesia untuk Go-pay. [Foto: Bloomberg]
Payment gateway Go-Pay yang didukung oleh Go-Jek membuktikan dirinya sebagai salah satu e-wallets terkemuka di Indonesia, negara Asia Tenggara terbesar, karena baru saja menerima penghargaan dari Bank Sentral Indonesia di Jakarta.

Go-Pay memenangkan penghargaan atas keberhasilannya dalam mempromosikan masyarakat tanpa uang tunai, inklusi keuangan dan pemberdayaan usaha kecil menengah (UKM).

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo. Go-Jek adalah startup unicorn pertama di Indonesia. Unicorn adalah perusahaan startup yang nilai perusahaannya lebih dari $1 miliar. Istilah ini diciptakan pada tahun 2013 oleh pemodal ventura Aileen Lee, yang memilih hewan mitos untuk mewakili kelangkaan statistik dari usaha yang sukses tersebut.

Melalui rilis media resmi Bank Indonesia, Agus menyatakan bahwa penghargaan tersebut mencerminkan sinergi antara Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan Indonesia (OJK), dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), untuk memfasilitasi percepatan pertumbuhan ekonomi melalui inovasi finansial.

Penghargaan oleh Bank Indonesia ini diharapkan dapat mengintensifkan dukungan dan perkembangan bagi inovasi fintech rumahan dengan tujuan menopang ekonomi dan keuangan.


Presiden Go-Jek Andre Soelistyo, yang menghadiri upacara pemberian penghargaan tersebut mengatakan bahwa penghargaan tersebut merupakan bukti usaha dan energi semua karyawan Go-Jek, lebih dari 300.000 mitra pengemudi serta lebih dari 100.000 UKM yang terlibat dalam platform Go-Jek, yang terus mempromosikan masyarakat tanpa uang melalui Go-Pay.

“Sebagai satu-satunya dompet elektronik yang mendapat penghargaan dari Bank Indonesia, kami sangat bangga dengan penghargaan ini. Hal ini akan memotivasi kami untuk menghadirkan layanan digital finansial yang lebih inovatif untuk membantu pelanggan meningkatkan produktivitas mereka untuk kebutuhan sehari-hari dan yang terpenting adalah membantu kami. Mitra UKM dan pengemudi meningkatkan kesejahteraan finansial mereka,” kata Andre.

CEO Go-Jek Nadiem Makarim mengatakan, “Kami sangat tersanjung menerima penghargaan ini dari Bank Sentral Indonesia. Kami sangat senang melihat sebagian besar transaksi Go-Jek sekarang sudah tidak memiliki uang.”

Go-Jek telah diunduh lebih dari 44 juta kali hingga Juni 2017.

“Dengan dukungan baru dari regulator Indonesia ini, Go-Jek dan perusahaan teknologi lokal lainnya dapat benar-benar mengubah peluang ekonomi setiap orang Indonesia. Sebagian besar mitra kami dulu tidak dapat diasingkan sebelum bergabung dengan Go-Jek. Kini, mereka tidak hanya Bankable, mereka juga memiliki akses mudah ke asuransi, pinjaman dan bahkan hipotek yang terjangkau.”

 

“Terima kasih banyak kepada mitra lembaga keuangan kami yang bekerja keras untuk mewujudkan hal ini. Kami selalu terbuka untuk memiliki lebih banyak kolaborasi dengan lembaga keuangan untuk mengantarkan era baru inovasi keuangan di Indonesia,” tambah Nadiem.

Sementara itu, Grab, pesaing terbesar Go-Jek yang juga menguasai pasar di Asia Tenggara, mendapatkan total $2,5 miliar dari investor termasuk China Didi Chuxing dan Softbank Group Jepang. Pembiayaan tunggal tersebut merupakan yang terbesar di Asia Tenggara saat ini.

Perusahaan yang berbasis di Singapura tersebut telah mendapatkan $2 miliar dan mengharapkan untuk mengumpulkan tambahan $ 500 juta dari investor lama dan baru. Putaran baru ini diperkirakan memberi Grab valuation lebih dari $6 juta, Reuters melaporkan.

Penggalangan dana besar-besaran Grab menjadi urgent pada saat saingan mereka sesama transportasi online, Uber, yang memiliki pasar cukup signifikan di Asia, sedang dalam kesulitan dengan isu-isu terkait budaya kerja dan pergantian CEO. Pasar on-demand juga melihat persaingan yang lebih luas untuk mendapatkan investor, yang harus memilih antara mendukung Grab, Uber atau Go-Jek.