News

Google Akuisisi Eyefluence Untuk Kembangkan Teknologi Virtual Reality Pada Produknya

[Gambar: eyefluence.com]
Pada hari Senin lalu (24 Oktober 2016), Eyefluence diam-diam mengumumkan bahwa perusahaan tersebut telah diakuisisi oleh Google. Perusahaan yang didirikan pada tahun 2013 oleh Jim Marggraff dan David Stiehr ini bergerak dalam bidang studi mata, pengembangan algoritma, rancangan sistem optik dan iluminasi, beserta aplikasinya. Mereka pun telah mengembangkan dan memperluas cakupan teknologi yang dimilikinya melalui integrasi dengan HMD (head-mounted display) yang sangat krusial dalam produk-produk virtual reality (VR) maupun augmented reality (AR).

Dalam pernyataannya, Eyefluence mengungkapkan antusiasmenya untuk bergabung dan bekerja sama dengan tim Google. “Dengan menyatukan kekuatan kami, kami akan terus meningkatkan teknologi eye-interaction untuk memperluas potensi manusia pada skala yang lebih besar lagi. Kami mengharapkan adanya inovasi besar yang dapat kami bangun bersama!”

Mengingat Google berencana akan meluncurkan headset VR Daydream-nya pada bulan depan, langkah untuk mengakuisisi Eyefluence ini tidaklah mengejutkan. Google nampaknya memang bertekad untuk memusatkan perhatiannya untuk mengembangkan VR, AR, dan teknologi lain yang mendukungnya.

Teknologi yang dikembangkan oleh Eyefluence sendiri memungkinkan pengguna headset VR untuk menggunakan gerakan matanya sebagai mouse yang dapat menavigasi dan memilih opsi pada VR. Menurut TechCrunch, meskipun sudah ada perusahaan-perusahaan lain (seperti SMI dan Tobii) yang mengembangkan teknologi yang menggunakan mata sebagai metode untuk mengatur fokus pada interface, namun hanya Eyefluence yang fokus mengembangkan teknologi yang memanfaatkan gerakan mata untuk menavigasi menu dan membuat pilihan pada virtual reality.

Rincian finansial pada akuisisi ini tidak diumumkan ke publik, begitu juga dengan rencana integrasi antara Google dan Eyefluence ini. Ada pihak yang memprediksikan bahwa akuisisi ini merupakan sebuah langkah strategis untuk mendapatkan hak kekayaan intelektual (HKI) terhadap beberapa teknologi eye-tracking yang dimiliki oleh Eyefluence.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID