News

Google App Akan Dilengkapi “Lite Mode” Untuk Menghemat Kuota Anda Saat Browsing

[Gambar: news.googleblog.com]
Google sepertinya akan menambahkan fitur Lite Mode pada aplikasi mobilenya. Menurut laporan dari Android Police, Lite Mode ini dapat mengurangi jumlah data yang dibutuhkan pada saat Anda mengakses internet. Sebelumnya, mereka juga telah menambahkan fitur ini pada aplikasi News & Weather-nya yang bisa secara efektif mengurangi jumlah teks dan gambar yang sampai pada ponsel Anda. Patut dicatat, meskipun belum diluncurkan secara resmi, kabarnya Lite Mode pada Google App ini sudah bisa digunakan oleh beberapa pengguna Beta di daerah-daerah tertentu. Lite Mode pada aplikasi News & Weather sendiri kabarnya akan diluncurkan di India pada minggu ini, lalu menyusul di Brazil dan Indonesia pada beberapa bulan ke depan.

Fitur ini bekerja dengan cara mengurangi resolusi gambar dan video, lalu mengurangi konten situs dengan hanya menunjukkan bagian-bagian yang penting saja. Google mengklaim bahwa Lite Mode ini dapat menghemat hingga 1/3 kuota Anda. Fitur ini bisa secara otomatis mendeteksi ketika Anda sedang berada di daerah yang sinyal internet kurang bagus. Pengguna juga akan diberikan opsi untuk mematikan atau menyalakan fitur tersebut. Menurut perkiraan, fitur baru ini akan diimplementasikan pada Google app versi 6.7.13.

Seperti yang diberitakan oleh Digital Trends, Lite Mode bukanlah satu-satunya perubahan pada aplikasi mobile Google. Aplikasi tersebut juga akan dilengkapi dengan Google Assistant—asisten AI yang disebut-sebut lebih cerdas dari Siri.

Akhir-akhir ini, memang banyak perusahaan yang menawarkan fitur hemat kuota pada penggunanya. Sebut saja Facebook, WhatsApp, dan Opera. Pembaharuan ini tentunya merupakan kabar baik bagi pengguna aplikasi Google di daerah yang memiliki koneksi internet yang cenderung lemah, seperti di Indonesia. Sementara itu, sampai saat ini belum ada kabar kapan atau apakah fitur ini akan diluncurkan secara global.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID