Home  »  News   »  
News

Google Assistant Disinyalir Bakal Hadir di Perangkat Android Selain Pixel

[Foto: gadgethacks.com]
Seperti yang diketahui, sejauh ini Google Assistant baru tersedia pada perangkat Googe Pixel dan Pixel XL saja. Pengguna Android lain memang bisa ikut menyicipi asisten digital ini, hanya saja melalui aplikasi seperti Google Allo. Itu juga dengan fitur yang lebih terbatas dan alakadarnya. Namun, sepertinya kelak pengguna Android selain Pixel juga bakal bisa menggunakan fitur tersebut. Android Police melaporkan bahwa di dalam aplikasi Google for Android versi Alpha terdapat kode yang memungkinkan developer untuk memasukkan asisten digital tersebut ke dalam ponsel Android manapun. Meskipun ini memang bukan peluncuran resmi, namun setidaknya itu berarti masih ada harapan bagi para pengguna Android non-Pixel.


Menurut laporan, pengguna yang menginstall aplikasi Google versi Alpha tersebut memang bisa mengakses Google Assistant pada perangkat Android selain Pixel. Fitur itu juga kabarnya dapat berfungsi pada Android 7.1.1 Nougat dan Android 6.0.1 Marshmallow. Google Assistant dapat diaktifkan dengan cara menahan tombol Home, sama seperti cara untuk meluncurkan Google Now pada ponsel. Lalu, sebuah kotak dialog akan muncul dengan pesan “New! You just got the Google Assistant” (Baru! Anda mendapatkan Google Assistant), yang diikuti proses setup untuk fitur tersebut. Pada laporan tersebut, perangkat Nougat yang digunakan adalah Nexus 6P–yang notabene memang perangkat dari Google. Namun, perangkat Marshmallow yang digunakan ialah Samsung Galaxy Note 5 yang artinya Google memang berniat untuk meluncurkan Google Assistant pada perangkat lain selain Pixel dan Nexus.

Mengingat versi ini masih berupa versi Alpha, itu artinya masih banyak terdapat bug dan kecacatan pada fitur tersebut. Oleh karena itu, sepertinya kita harus bersabar menunggu versi resminya yang sudah stabil. Untuk versi beta-nya saja kita masih belum tahu pasti kapan akan diluncurkan.