News

Google Berencana Blokir Plugin Flash di Chrome Akhir Tahun Ini

[Gambar: techdows.com]
[Gambar: techdows.com]
Pada akhir tahun ini, Google berencana akan mulai memblokir sebagian besar konten Flash yang diakses melalui Chrome.

Sejauh ini, rencananya adalah secara otomatis memblokir hampir setiap website yang masih memiliki konten Flash. Pengunjung masih dapat mengaktifkan konten Flash pada situs tersebut, tetapi mereka harus mengaktifkannya terlebih dahulu secara manual. Lalu, Chrome pun akan menampilkan pop-up yang berisi opsi untuk mengaktifkan flash. Jika pengguna memilih untuk mengaktifkannya, maka Chrome akan mengingat pilihan Anda untuk selalu mengaktifkan konten Flash di situs tersebut untuk seterusnya.

Hanya ada 10 situs besar yang opsi Flash-nya diaktifkan secara default—di antaranya adalah YouTube, Facebook, Yahoo, Twitch, dan Amazon. Namun, pengecualian ini hanya berlangsung selama satu tahun. Jika mereka belum saja beralih dari flash ke HTML5, maka mereka akan diblokir secara otomatis seperti situs lain. Rencana ini adalah salah satu cara yang ditempuh Google untuk beralih HTML5 dan menekan jumlah situs yang masih menggunakan Flash.

Tentu saja, perubahan ini belum sepenuhnya menghapus Flash dari Chrome. Flash masih digunakan secara luas, selama orang-orang tetap mengaktifkan plugin Flash tersebut. Meski begitu, perlu diingat bahwa sebenarnya menonaktifkan Flash secara otomatis dapat melindungi kita dari konten yang tidak diinginkan dan cenderung memiliki potensi berbahaya. Selain itu, rencana ini dapat mendorong pengembang web untuk beralih ke HTML5.

Jika Anda tertarik, Anda sudah dapat mengaktifkan pengaturan untuk menonaktifkan plugin Flash dari sekarang. Dalam laman preferences di Chrome Anda (di bawah menu privacy lalu content settings), Anda dapat menemukan sebuah opsi yang bertuliskan “let me choose when to run plugin content.” Opsi ini akan secara otomatis memblokir semua konten Flash sampai Anda memilih untuk mengaktifkannya secara manual.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID