News

Google Berivestasi Pada Teknologi Machine Learning dan Akuisisi Startup Pengembang Speech Recognition

[Screenshot: API.AI on YouTube]
Google mengumumkan bahwa mereka telah mengakuisisi API.AI, sebuah startup asal California untuk mengembangkan teknologi machine learning yang sangat berkontribusi dalam nature language interfaces (antarmuka dengan bahasa alami). Selain memiliki tools untuk pengembang, API.AI juga memiliki sebuah aplikasi conversational assistant yang sudah memiliki lebih dari 20 juta pengguna.

“API.AI memiliki rekam jejak yang terbukti dapat membantu pengembang dalam hal merancang, membangun, dan terus meningkatkan conversational interfaces mereka,” tulis wakil presiden divisi teknik Google Scott Huffman dalam sebuah postingan blog. Ia juga menekankan bahwa ada lebih dari 60.000 pengembang yang menggunakan API.AI untuk membangun conversational experiences untuk Slack, Facebook Messenger, Kik dan aplikasi lainnya.

Google sendiri sebenarnya sudah memiliki tools untuk teknologi natural-language processing, seperti Google Assistant yang diperkenalkan pada bulan Mei lalu. Produk ini kabarnya diciptakan untuk bersaing dengan Alexa milik Amazon dan Siri dari Apple. Beberapa pihak berspekulasi bahwa Google Assistant ini akan menjadi upgrade dari Google Now, sebuah fitur voice command (perintah suara) yang telah tersedia pada sistem operasi Android dan iOS. Belum ada informasi lebih lanjut mengenai rencana integrasi teknologi yang dimiliki API.AI dengan produk-produk Google.

API.AI yang berdiri pada tahun 2010 dan diluncurkan pada tahun 2014 ini digawangi oleh Ilya Gelfenbeyn, Artem Goncharuk, dan Pavel Sirotin. Beberapa investornya di antaranya Intel Capital, Motorola Solutions, Alpine and SAIC Motor.

“Dengan pengetahuan, infrastruktur, dan dukungan yang diberikan oleh Google, kami dapat memastikan bahwa Anda mendapatkan akses pada teknologi dan perkembangan teknologi AI dan machine learning yang terbaik yang ada sekarang,” tulis kepala eksekutif API.AI Ilya Gelfenbeyn pada sebuah postingan blog.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID