Home  »  News   »  
News

Google Blocks, Aplikasi Gratis untuk Membuat Gambar 3D untuk VR Sendiri

[Foto: Google]
Google telah merilis sebuah aplikasi baru yang akan menciptakan pengalaman membuat gambar virtual reality (VR) yang mungkin telah lama ada di kepala Anda. Berita baiknya, aplikasi VR terbaru Google tersebut bisa diunduh gratis.

Google Blocks kini berfungsi di HTC Vive dan Oculus Rift, memungkinkan Anda untuk menggambar objek 3D secara langsung dalam virtual reality. Aplikasi ini mirip seperti Quill dari Oculus Story Studio dan Tilt Brush milik Google yang memungkinkan pengguna menggambar obyek 3D.  Bedanya, hasil gambar yang dibuat di Google Blocks lebih cenderung kotak-kotak mirip Lego alih-alih menyerupai lukisan.

Menurut Google, Blocks cukup sederhana dan mudah digunakan, sehingga Anda dapat memakainya untuk menggambar obyek VR bahkan jika Anda tidak memiliki pengalaman pemodelan 3D sebelumnya.

“Ini dirancang untuk membuat pengguna merasa lebih seperti bermain dengan balok anak-anak daripada bekerja dengan perangkat lunak pemodelan 3D tradisional,” kata sebuah nota dari Mountain View. Aplikasi ini bahkan memberi Anda berbagai bentuk dan palet warna untuk digunakan, jadi Anda tidak perlu memulai seluruh prosesnya dari awal.


Anda dapat membiarkan imajinasi Anda bermain dengan liar dan menciptakan apapun yang Anda inginkan. Namun jika Anda merasa buntu, Anda bisa melihat kreasi orang lain di halaman khusus Google untuk mendapat inspirasi.

Setelah selesai, Anda bisa mengekspor objek yang Anda buat, apakah itu gambar buah-buahan yang sederhana atau model robot yang rumit, untuk menjadi bagian dari permainan VR atau AR Anda. Kreasi Anda bisa diekspor dengan format .obj, atau publikasikan ke web dan bagikan dengan sesama pengguna. Walaupun Blocks saat ini lebih merupakan mainan baru yang bagus daripada alat baru yang benar-benar digunakan untuk membuat konten, Blocks bisa menjadi propaganda yang sangat kuat untuk mempromosikan permainan dan aktivitas berbasis VR.

Karena Anda dapat mengekspor hasil karya dari Tilt Brush and Blocks, Anda dapat menggunakannya bersama-sama, walaupun gaya artwork dari kedua aplikasi terlihat sangat berbeda. Sementara Tilt Brush lebih menampilkan hasil lukisan seperti menggunakan cat, hasil akhir Blocks sepertinya paling sesuai dengan gaya seni low-poly beraneka warna yang digunakan Google dalam antarmuka VR Daydream-nya.

Sayangnya, bagi pengguna Google Daydream, Blocks saat ini terbatas pada headset kelas atas, yang memiliki hand control yang canggih yang memungkinkan Anda berkreasi sebabas mungkin. Namun, dengan Google yang ingin membuat semua headset single-in-one yang dapat menandingi rangkaian fitur Rift dan Vive, mungkin hal itu akan segera berubah.

Anda dapat melihat kreasi Google Blocks di galeri ini, yang terus diperbarui dengan model baru. Jika Anda memiliki perangkat keras VR yang diperlukan—dalam kasus ini, Oculus Rift atau HTC Vive dengan pengendali gerakan masing-masing—Anda bisa mengunduh dan mencobanya dengan gratis. Blocks bisa diundung di Oculus Store atau Steam.