News

Google dan Huawei Tengah Mengembangkan Tablet Android Penerus Nexus 7

[Foto: thebitbag.com]

Sebelumnya telah dikabarkan bahwa Google sedang mengembangkan dua unit smartphone bersama HTC yang akan diluncurkan dengan nama Pixel dan Pixel XL. Menurut laporan terbaru, Google juga tengah mengembangkan sebuah perangkat lain bersama Huawei. Berdasarkan bocoran terbaru yang didapatkan dari Evan Blass, Google telah bekerja sama dengan Huawei untuk mengembangkan unit tablet yang diasumsi akan menjadi penerus tablet Nexus 7 yang diluncurkan pada tahun 2013 lalu.

Kicauan dari Blass ini sebenarnya sama sekali tidak menyebutkan nama Nexus—bahkan bisa jadi tablet ini kelak akan diluncurkan di bawah merk Pixel, mengingat Google sudah memutuskan untuk tidak menggunakan nama Nexus lagi untuk smartphonenya yang akan datang. Tapi yang jelas, kemungkinan besar bocoran ini memang benar-benar akan terjadi.

Informasi dari Blass juga menyebutkan bahwa tablet ini kemungkinan akan dilengkapi dengan RAM sebesar 4 GB—sama seperti smartphone Pixel dan Pixel XL yang akan datang. Ia juga menambahkan bahwa tablet ini akan diluncurkan sebelum akhir tahun ini. Sepertinya, tanggal peluncurannya akan berdekatan dengan smartphone Pixel atau bahkan ketiganya mungkin saja diluncurkan pada event yang sama.

Google sendiri berencana akan mengadakan sebuah acara pada tanggal 4 Oktober mendatang untuk memperkenalkan kedua smartphone Pixel-nya, headset Daydream VR, dan mungkin saja tablet Google yang akan datang ini.

Beberapa tahun ke belakang ini Tablet Android dari Google memang sedang mengalami masa-masa yang sulit. Nexus 9 yang diluncurkan pada tahun 2014 tidak mendapatkan feedback yang bagus; dan tablet Pixel C juga tidak begitu populer karena softwarenya yang kurang mendukung. Oleh karena itu, diharapkan kehadiran tablet Google yang baru ini bisa menghidupkan kembali  geliat tablet Android, terutama untuk Google.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID