News

Google Diam-Diam Luncurkan Crowdsource, Aplikasi Urun Daya Bermodal Ikhlas

[Gambar: google.com]
Seperti yang diketahui, Google memiliki banyak layanan yang kerap digunakan sehari-hari. Sebut saja layanan Google Translate, Google Maps, hingga Google Search. Layanan-layanan tersebut banyak diminati karena fungsinya yang sangat membantu dalam kegiatan harian pengguna. Namun, sebagaimana hal-hal lain yang ada di dunia ini, layanan yang diberikan tidaklah sempurna. Oleh karena itu, masih sering ditemukan adanya kesalahan dan kekurangan dalam layanannya. Untuk menanggulangi masalah ini, Google diam-diam meluncurkan sebuah aplikasi bernama Crowdsource yang mengundang para penggunanya untuk berpartisipasi dalam meningkatkan kualitas layanan Google.

Google mengkonfirmasi pada TechCrunch bahwa karena aplikasi ini masih berupa uji coba, maka peluncurannya juga dilakukan secara diam-diam. Pertama-tama, pengguna akan dimintai informasi mengenai bahasa yang dikuasainya. Setelah itu, Google akan meminta mereka untuk menerjemahkan teks, mentranskripsi gambar, mengindentifikasi tulisan tangan, dll. berdasarkan pilihan bahasa yang dipilih.

Mungkin Anda bertanya-tanya, apa yang akan Anda dapatkan dengan melakukan semua ini? Jawabannya adalah: Anda akan mendapatkan kepuasan hati dan … ucapan terima kasih dari Google. 😅

Yep, jika Anda berharap akan mendapatkan semacam imbalan dari Google, Anda salah besar. Pada aplikasi ini, Google berpikir bahwa Anda memang benar-benar ikhlas ingin membantu meningkatkan kualitas layanan mereka dan membuat internet menjadi tempat yang lebih baik. Sebenarnya, Google juga sudah memiliki aplikasi sejenis bernama Google Opinion Rewards yang akan memberikan Anda imbalan berupa poin/credit yang dapat digunakan di Google Play Store setiap kali Anda memberi feedback terhadap layanan mereka. Sayangnya, aplikasi ini belum tersedia di Indonesia.

Jika Anda tertarik (dan dengan senang hati) ingin membantu Google, Anda bisa langsung mengunduh aplikasinya melalui Google Play Store. Untuk saat ini, aplikasi ini baru tersedia bagi pengguna Android saja. Belum ada kabar lagi apakah mereka akan meluncurkannya bagi pengguna iOS.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID