News

Google Dikabarkan Akan Luncurkan Aplikasi Messaging Berbasis AI Pada Pekan Ini

[Foto: 9to5google.com]
Kurang lebih sebulan setelah Google meluncurkan aplikasi video calling, Duo, mereka dikabarkan akan segera merilis aplikasi messaging-nya, Allo. Menurut kicauan dari Evan Blass (@evleaks)—seorang pengguna Twitter yang terkenal dengan ‘bocoran’ yang hampir selalu terbukti benar—Google Allo akan segera tersedia di Play Store pada hari Rabu, tanggal 21 September 2016.

Aplikasi messaging ini akan dilengkapi dengan fitur seperti end-to-end encryption, pesan pribadi temporer, stiker, dan opsi untuk memformat teks. Yang lebih menarik lagi, aplikasi ini juga memiliki sebuah fitur yang berbasis artificial intelligence (AI). Dalam hal ini, aplikasi ini menggunakan teknologi machine learning untuk memberi rekomendasi respon yang sesuai terhadap pesan yang diterima, baik berupa teks maupun grafis. Jadi, kalau misalnya lawan bicara Anda mengirimkan foto kucing atau anjing yang menggemaskan, maka aplikasi ini akan memberikan rekomendasi respon seperti, “So cute!” (“Lucu banget!”) Menurut Google, hal ini dapat dilakukan karena teknologi image recognition-nya sudah lebih canggih dan akurat dari sebelumnya.

Google Allo juga akan dilengkapi dengan Google Assistant yang membuat aplikasi messaging ini semakin cerdas.  Itu artinya, para pengguna Google Allo dapat mereservasi tempat di restoran melalui chatroom. Ia juga dapat membantu pengguna untuk mencari informasi, lokasi, dan lain-lain. Selain itu, mengirimkan pesan menggunakan Allo sangatlah mudah dan praktis. Selama orang-orang memiliki nomor telepon Anda, maka mereka dapat mengirimkan pesan pada Anda. Jadi, Anda tidak perlu repot-repot menambahkan akun dan semacamnya.

Melihat fitur-fitur yang ditawarkan, sepertinya aplikasi ini bisa menjadi alternatif aplikasi messaging yang dapat Anda coba. Kita tunggu saja beberapa hari lagi untuk mencoba langsung aplikasi ini.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID