News

Google Dikabarkan Akan Luncurkan Smartphone Buatannya Sendiri Tahun Ini

[Gambar: thenextweb.com]
Pada akhir April lalu, Google mendirikan divisi hardware sendiri dan mengangkat mantan presiden Motorola, Rick Osterloh, untuk memimpin divisi tersebut. Nampaknya, Google berencana untuk mengumpulkan berbagai proyek gadget yang telah dilakukannya di bawah satu payung besar.

Menurut laporan dari The Telegraph, raksasa teknologi ini tengah berdikusi dengan berbagai operator telepon untuk meluncurkan ponsel bermerk Google yang akan menandai perluasan usaha Google dalam bidang hardware.

Seperti yang kita ketahui, Google sudah mengembangkan sistem operasi Android yang digunakan oleh mayoritas ponsel pintar yang diperjualbelikan di seluruh dunia. Google juga mendukung berbagai ponsel yang dibuat oleh mitra mereka seperti LG dan Huawei yang diluncurkan di bawah merek Google Nexus. Tapi, berbeda dengan Apple, Google menyerahkan urusan manufaktur pada perusahaan lain seperti Samsung. Sementara itu, Google berkonsentrasi untuk mengembangkan perangkat lunak yang bekerja pada ponsel tersebut.

Google sebenarnya lebih dikenal dalam hal software internet. Tetapi, beberapa tahun terakhir ini Google sudah mulai memasuki ranah hardware dengan meluncurkan tablet, laptop, dan gadget-gadget keluarannya sendiri. Pada awal bulan ini, CEO Google Sundar Pichai dalam wawancaranya dengan Walt Mossberg juga telah menyatakan bahwa Google memang berniat untuk berinvestasi lebih banyak dalam industri ponsel. Tetapi, saat itu Pichai tidak secara spesifik mengatakan bahwa pihaknya akan memproduksi ponsel sendiri.

Dan kini, menurut seorang sumber, sebelum akhir tahun ini Google akan meluncurkan smartphonenya sendiri yang memiliki “desain, manufaktur dan software” yang dikontrol dengan ketat oleh Google. Belum ada informasi mengenai detail ponsel tersebut, namun sepertinya ponsel yang satu ini tidak akan mirip dengan Nexus, ponsel keluaran Google yang terdahulu. Disinyalir spesifikasi tablet Pixel C akan lebih mendekati ponsel yang kabarnya akan diluncurkan oleh Google ini.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID