News

Google Dikabarkan Luncurkan Sistem Operasi Hasil Merger Chrome OS dan Android

[Foto: digitaltrends.com]
Pada Oktober 2015 lalu, The Wall Street Journal melaporkan bahwa Google tengah mengerjakan proyek yang akan mempersatukan sistem operasi Android dengan Chrome OS ke dalam sebuah sistem operasi yang dapat digunakan di ponsel, tablet, bahkan komputer. Pada hari Minggu lalu (25 September 2016), SVP Android, Chrome OS, dan Play Hiroshi Lockheimer memposting sebuah tweet yang mengimplikasikan bahwa Google akan meluncurkan sistem operasi baru ini pada tanggal 4 Oktober mendatang. Dalam kicauannya, Lockheimer mengatakan:

We announced the 1st version of Android 8 years ago today. I have a feeling 8 years from now we’ll be talking about Oct 4, 2016.” ~ Hiroshi Lockheimer (@lockheimer)

Kicauannya ini memang tidak begitu jelas dan eksplisit, namun jika ditempatkan pada konteks yang tepat, maka kemungkinan besar tweet ini memang mengacu pada peluncuran sistem operasi yang baru ini. Proyek merger antara dua sistem operasi ini dikenal dengan nama Project Andromeda.

Meskipun belum ada kepastian apakah memang Google akan meluncurkan sistem operasi tersebut pada tanggal 4 Oktober mendatang, namun bisa dipastikan bahwa proyek itu memang benar adanya. Berita ini tentunya sudah tidak begitu mengejutkan, mengingat beberapa waktu lalu Google telah mengkonfirmasi bahwa aplikasi Android akan segera tersedia di Chrome OS. Itu artinya, merger antara kedua sistem operasi memang sudah semakin dekat saja.

Namun, perlu diingat bahwa laporan The Wall Street Journal yang sebelumnya mengklaim bahwa Project Andromeda ini baru siap diluncurkan pada tahun 2017. Jadi, bisa saja pada tanggal 4 Oktober ini Google hanya sekedar memperkenalkan hasil merger Android dan Chrome OS. Sementara itu, peluncurannya sendiri baru dilakukan pada tahun depan. Kehadiran sistem operasi tersebut tentunya akan menandai evolusi Android yang terbesar untuk saat ini. Selain itu, menarik juga melihat Google mengikuti jejak Microsoft yang menyatukan sistem operasi Windows 10 untuk mobile dengan komputer.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID