Home  »  News   »  
News

Google Earth Versi Baru Sediakan 50 ‘Paket Tur Dunia Maya’ ke Seluruh Dunia

[Foto: Shutterstock]
Bertepatan dengan momen Earth Day, Google telah mendesain uang Google Earth untuk web dan Android. Google menghabiskan waktu dua tahun untuk memperbaharuinya.

Versi baru tersebut dilengkapi tambahan fitur yang memungkinkan pengguna melihat peta tiga dimensi (3D) dari lokasi tertentu, yang membantu pengguna untuk mempelajari tentang tempat-tempat di seluruh dunia, serta melakukan “tur dunia maya” yang dilengkapi pemandu dari browser Chrome atau perangkat mobile.

Tur dunia maya tersebut sangat interaktif, dan dipimpin oleh para ilmuwan, dokumentarian, dan para ahli lainnya, untuk membantu pengguna belajar tentang geografi dan budaya di dunia.


Menurut pernyataan Google, sudah tersedia lebih dari 50 “paket tur” di bagian “Voyager” pada Google Earth. Beberapa tur, termasuk tur Tanzania Gombe Taman Nasional dipimpin oleh ahli primata terkenal Jane Goodall dan timnya. Beberapa video perjalanan ke enam habitat yang berbeda juga tersedia, seperti video perjalanan tamasya ramah anak ke Meksiko ditemani oleh tokoh Sesame Street, muppet bernama Lola, untuk belajar tentang reruntuhan Maya. Video-video tersebut diproduksi oleh BBC Earth.

Google Earth yang baru kini memiliki tombol “I’m Feeling Lucky”, yang ‘dipinjam’ dari Google Search yang selama ini kita kenal.

Jika Anda meng-klik “I’m Feeling Lucky”, maka Google Earth akan membawa Anda ke suatu tempat yang tak terduga, mulai dari rumah-rumah opera di Italia yang anggun, sumber air panas eksotik di Jepang, hingga menunjukkan Anda satu set “kartu pengetahuan” berisi fakta-fakta menarik.

Sementara Anda berada di sana, Anda juga akan dapat melihat lokasi tersebut dalam tiga dimensi pada browser atau pada perangkat mobile Anda, menggunakan fitur 3D yang diperbaharui pada layanan Google Earth tersebut. Tekan tombol 3D di sudut UI, dan Anda akan bisa mendapatkan pemandangan yang diambil oleh drone, yang memperlihatkan keajaiban sejarah, geografis, atau arsitektur di seluruh dunia.

Google Earth yang telah diperbaharui ini sekarang tersedia di Chrome atau Android, dan akan dibuat untuk iOS dan browser lainnya di masa depan.