Home  »  News   »  
News

Google Hadirkan Trusted Contacts, Aplikasi yang Bantu Lacak Keberadaan Orang Tersayang

[Foto: androidauthority.net]
[Foto: androidauthority.net]
Kini, membuat daftar kontak darurat di dalam ponsel rasanya belum cukup bikin Anda merasa aman sepenuhnya. Sebab, tidak ada seorang pun tahu apa yang akan terjadi dan menimpa hidupnya. Terkadang nasib bisa membawa kita ke dalam situasi-situasi yang tidak menyenangkan atau keadaan darurat.

Namun untungnya, di era serba digital sekarang ini hadir sejumlah aplikasi canggih yang dirancang untuk memberikan solusi permasalahan tersebut.  Seperti yang dilakukan Google yang menciptakan aplikasi bernama Trusted Contacts.

Ya, Google baru saja meluncurkan aplikasi dan layanan baru bernama Trusted Contacts, sebuah solusi baru yang memungkinkan orang-orang kesayangan mengetahui posisi terkini Anda secara real time. Aplikasi ini memberikan rasa tenang, karena tahu bahwa Anda berada di tempat yang seharusnya. Di dalam situasi genting, fitur yang disuguhkan oleh aplikasi ini bisa sangat berguna. Bisa juga dipasang ketika anggota keluarga hendak bepergian seorang diri ke lokasi yang jauh.

Saat aplikasi dipasang di perangkat dan Anda membagikan lokasi ke kontak yang dipercaya, mereka akan dapat melacak keberadaan Anda di atas peta. Untuk mencegah hilangnya jejak atau situasi semacamnya, aplikasi dirancang untuk memberikan notifikasi secara terus menerus guna mengingatkan pengguna bahwa lokasi terkini Anda masih dalam status dibagikan.

Baca Juga:  Ponsel Android Anda Hilang? Tinggal Googling Saja

Soal kapasitas kontak, Trusted Contacts dapat menampung hingga 50 kontak kepercayaan yang dapat dijadikan tujuan berbagi lokasi kapanpun diinginkan. Selain itu, Anda juga bakal menerima permintaan dari mereka yang ingin melihat posisi terkini Anda.


Untuk meminimalkan risiko, ketika Anda tidak merespon permintaan selama 5 menit, maka aplikasi akan melakukannnya secara otomatis. Ini memungkinkan kontak terdaftar memperoleh informasi lokasi terakhir Anda. Setelah terhubung, kontak tidak hanya memperoleh lokasi terkini tapi juga pergerakan Anda dari waktu ke waktu.

Inilah yang membedakan Trusted Contacts dengan aplikasi serupa. Bagi yang terganggu dengan isu privasi, aplikasi ini mempersilahkan pengguna untuk berhenti membagikan lokasi kapanpun mereka inginkan.

Saat ini, Trusted Contacts hanya tersedia untuk perangkat Android. Sedangkan untuk iOS, Google telah menjadwalkan perilisannya dalam waktu dekat. Namun, belum diketahui kapan tanggal pastinya. Jika Anda ingin mendapatkan pemberitahuan ketersediaan aplikasi untuk iOS, Anda bisa daftar di tautan ini dan menjadi yang pertama mengetahuinya.

Substitusi dari Latitude

Sebenarnya, aplikasi ini merupakan subtitusi dari Latitude. Fungsinya sama, yakni dapat melacak orang-orang terdekat. Sayangnya, Google menutup aplikasi ini pada 2013 lalu. Google mengumumkan kalau layanan Latitude akan dihapus dari Google Maps versi terbaru untuk ponsel Android, termasuk juga dari App Store. Latitude dipensiunkan pada 9 Agustus 2013, seperti dilansir dari Thenextweb.

Baca Juga:  5 Trik Mudah Memaksimalkan Penggunaan Chrome pada Smartphone Android

Latitude merupakan layanan penjejak yang diluncurkan Google pada awal Februari 2009 dengan fungsi melacak jejak orang via ponsel. Layanan ini mengombinasikan data GPS, WiFi, dan lokasi menara pemancar seluler. Selain menghapus Latitude dari sistem operasi Android dan iOS, Google juga menarik API Latitude (Application Programming Interface). Penarikan ini akan menyebabkan setiap aplikasi yang menggunakan API untuk mengakses lokasi orang dan history lokasi tidak bisa diakses lagi.

Tampaknya, pengguna Latitude tidak merasa terganggu dengan dipensiunkannya layanan penjejak itu. Seperti yang ditulis thenextweb, banyak pengguna Android dan iOS yang tidak tertarik dengan layanan berbagi lokasi real-time pada sebuah peta dengan orang lain, termasuk dengan orang-orang terdekat.

Nah, bagaimana dengan Trusted Contacts? Apakah bakal sukses atau malah bernasib sama seperti Latitude? Kita tunggu saja.