Home  »  News   »  
News

Google Luncurkan Android 7.1.1. Untuk Perangkat Pixel dan Nexus

[Gambar: blog.google.com]
Google telah meluncurkan update terbaru untuk Android Nougat: Android 7.1.1. Pembaharuan ini dirilis secara bertahap untuk perangkat Nexus 6, Nexus 5X, Nexus 6P, Nexus 9, Pixel, Pixel XL, Nexus Player, Pixel C dan General Mobile 4G. Menurut postingan blog Google, perangkat apapun yang mengikuti Android Beta Program juga dapat menikmati update ini.

Lalu, apa saja sih yang baru pada Android 7.1.1 ini? Terdapat tiga pembaharuan utama: emoji yang lebih beragam, pilihan animasi GIF dari keyboard, dan shortcut bagi aplikasi. Dengan pembaharuan emoji saat ini, Google menambahkan lebih banyak emoji wanita yang direpresentasikan dalam berbagai pekerjaan. Jika sebelumnya kebanyakan emoji hanyalah pria, kini Google berusaha untuk menyeimbanginya. Jadi, jika Anda adalah seorang rocker wanita atau astronot wanita, kini sudah ada emoji yang mewakili profesi Anda.


Google juga nampaknya ingin Anda lebih luwes dalam berekspresi dalam sebuah chatting. Dengan tambahan opsi untuk menambahkan GIF dalam keyboard Anda, kini mengirimkan GIF ke dalam perbincangan via Google Allo, Messenger, atau Hangouts akan lebih mudah.

Tidak hanya itu saja, Google juga memberikan shortcut pada fitur-fitur dalam aplikasi. Misalnya, jika Anda ingin melihat video yang sedang trending di YouTube, maka Anda cukup menekan ikon YouTube selama beberapa detik lalu shortcut terhadap fitur tersebut pun akan muncul di homescreen Anda.

Seperti yang dikutip dari Ars Technica, pada awalnya Android 7.1 sebenarnya secara eksklusif diluncurkan untuk perangkat Pixel saja. Namun, berkat pembaharuan ini akhirnya perangkat Nexus bisa juga mengenyam Android 7.1.1, meskipun memang ada beberapa fitur Android 7.1.1 yang tidak bisa diakses pada Nexus. Sebut saja fitur Google Assistant, Navigation Bar yang baru, atau Pixel Launcher.