Home  »  News   »  
News

Google Maps Hadirkan Fitur Untuk Menyimpan dan Berbagi Daftar Lokasi Favorit

[Gambar: blog.goole.com]
Dulu, jika Anda ingin menandai tempat favorit pada Google Maps, Anda harus menekan ikon bintang pada bagian informasi lokasi tersebut. Setelah itu, Anda bisa kembali melihat tempat-tempat yang telah Anda beri bintang di dalam tab Saved. Nah, sekarang Google Maps menambahkan fitur baru yang memungkinkan Anda untuk membuat daftar khusus dan membagikannya pada teman maupun keluarga Anda.

Pada pembaharuan ini, ikon bintang yang terletak di antara ikon telepon dan website akan digantikan dengan ikon save untuk menyimpan lokasi yang dipilih ke dalam daftar. Anda juga dapat membuat lebih dari satu daftar dan mengatur sendiri penamaannya.


Fitur ini akan sangat berguna jika Anda sedang merencanakan sebuah perjalanan atau liburan. Jika Anda ingin berkunjung ke Bandung, misalnya, Anda bisa membuat daftar lokasi tujuan yang diberi nama “Liburan ke Bandung 2017”. Pada daftar tersebut, Anda bisa mengisinya dengan tempat-tempat wisata yang ingin Anda kunjungi pada saat sedang berada di Bandung. Daftar ini juga bisa dibagikan kepada kontak Anda melalui sms, media sosial, email, atau aplikasi messenger. Dengan begini, mereka juga bisa mengakses daftar yang sama dengan mudah. Praktis, bukan?

Kemampuan untuk membuat dan membagikan daftar tempat favorit memberikan sentuhan media sosial pada aplikasi Google Maps. Hal ini rupanya memang merupakan bagian yang ingin dijelajahi lebih lanjut oleh Google. Manajer Produk Google Maps, Zach Maier memaparkan kepada Techcrunch bahwa sebelumnya Google Maps hanya berfokus untuk menuntun orang dari titik A ke titik B tanpa tersesat. Dan kini, mereka “ingin membantu orang untuk keluar dari rutinitasnya, dan mencoba hal-hal yang baru.”

Pembaharuan ini tersedia bagi perangkat Android dan iOS, dan akan diluncurkan secara bertahap kepada penggunanya.