Home  »  News   »  
News

Google Maps Uji Coba Fitur Baru Untuk Melihat Ketersediaan Lahan Parkir

[Foto: preapps.com]
Ketika sedang bepergian ke tempat umum seperti bandara maupun lokasi wisata, mencari tempat parkir seringkali menjadi masalah tersendiri. Apalagi jika kita mengunjunginya pada tanggal merah, kemungkinan besar akan ada lebih banyak orang yang mengunjungi tempat tersebut. Google Maps dilaporkan akan menambahkan sebuah fitur yang bisa menjadi solusi dari masalah ini.

Seperti yang dikutip dari Android Police, Google Maps kini diam-diam sedang menguji coba sebuah fitur yang akan memberikan informasi mengenai ketersediaan tempat parkir pada lokasi tersebut. Ketika Anda menggunakan Google Maps untuk menavigasi arah perjalanan, Anda bisa melihat ikon ketersediaan lahan parkir berupa huruf ‘P’ yang terletak di samping kanan keterangan durasi perjalanan.


Berdasarkan informasi yang didapat, akan ada tiga tingkat ketersedian tempat parkir: Limited, Medium, dan Easy. Jika lahan parkir yang tersedia terbatas atau limited, maka ikon P tersebut akan berubah menjadi warna merah. Ketika Anda sudah sampai ke lokasi yang dituju, Anda akan diberikan informasi yang lebih merinci mengenai situasi di lahan parkir.

Menurut testimoni pengguna Beta Google Maps, fitur ini baru tersedia untuk lokasi-lokasi umum seperti bandara dan pusat perbelanjaan. Selain itu juga, fitur ini tidak memberikan rekomendasi atau alternatif lahan parkir lain yang bisa digunakan jika seandainya lahan parkir di lokasi yang kita tuju relatif terbatas.

Fitur ini baru diluncurkan secara bertahap bagi pengguna Android yang bergabung dalam program Beta Google Maps. Jika Anda ingin bergabung juga, Anda bisa langsung mendaftar melalui halaman aplikasi Google Maps pada Play Store. Sejauh ini, masih belum ada keterangan mengenai kapan fitur ini akan diluncurkan kepada publik dan secara global.