News

Google Mengakuisisi Media Marketing Milik Youtube

[Gambar: ideasplusbusiness | ideasplusbusiness.com]
Seiring dengan perkembangan teknologi, mengiklankan produk di baliho di pinggir jalan tampaknya sudah ketinggalan jaman dan tak lagi merupakan cara yang paling ampuh. Kini, para produsen berbondong-bondong menyewa jasa media marketing di internet yang makin hari kian marak. Tak heran, baliho kini ‘berpindah’ ke tiap halaman situs yang kita buka, di sisi kanan, kiri, atas, dan bawah tak pernah absen berbagai macam iklan terpampang.

Google kabarnya tengah mengakuisisi FameBit, startup media marketing milik YouTube yang menghubungkan influencer digital dengan pengiklan dan promosi yang dibayar oleh sponsor, promotor, dan pengiklan. Kesepakatan pengakuisisian antara keduanya memang tak diumumkan ke public, namun Google berkata bahwa, FameBit yang berbasis di Santa Monica, California masih akan beroperasi mandiri untuk saat ini.

FameBit sendiri didirikan pada 2013 dan telah meraup $ 1,5 juta dari investor termasuk Science Inc., Third Wave Digital’s Allen DeBevoise, 500 Startups, DeNA, dan Highline. Perusahaan media marketing ini pun telah bekerja sama dengan banyak brand termasuk Marvel Entertainment, Paramount Pictures, Sony, L’Oreal, Canon, Activision Blizzard, Adidas, Rovio dan Conair.

Platform sosial-influencer marketing pertama yang dibuat dengan kemampuan self-service ini menjadi penengah penawaran antara pengiklan dan kreator di lebih dari 25.000 video yang menghasilkan lebih dari 2 miliar menit waktu menonton. YouTube ketika mengakuisisinya merasa bahwa dengan menjadi pemilik FameBit, tidak berarti pihaknya lebih memilih FameBit dibanding agency digital-marketing atau jasa lainnya yang tengah bersaing.

“Kreator akan selalu memiliki pilihan cara untuk bekerja dengan brand, dan ada banyak perusahaan besar yang menyediakan layanan ini. Akuisisi ini tidak akan mengubah hal itu, ” kata Ariel Bardin, VP manajemen produk YouTube.

“Harapan kami adalah bahwa FameBit akan memungkinkan kreator dari semua kalangan untuk langsung terhubung dengan brand, serta memberikan solusi teknologi yang pas bagi perusahaan seperti MCN (jaringan multichannel) dan lembaga untuk menemukan kreator dan mitra brand.”

Pendiri FameBit, David Kierzkowski dan Agnes Kozera mengatakan bahwa dari hubungan Google dengan brand dan kemitraan YouTube dengan kreator di seluruh dunia, “kami berharap untuk lebih menghubungkan brand untuk kreator, lebih melibatkan penonton, dan membuat pemasaran brand lebih kreatif dan otentik dari yang pernah ada.”

Untuk bergabung dengan pasar FameBit, seorang kreator harus memiliki setidaknya 5.000 pengikut di YouTube, Twitter, Facebook atau Tumblr. Investor utama FameBit adalah Science Inc., perusahaan media, pemasaran, dan perdagangan yang menciptakan, berinvestasi, dan mengakuisisi bisnis digital yang sukses.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID