News

Google Naikkan Imbalan Bagi Peretas yang Menemukan Kelemahan Pada Sistem Android

[Gambar: Techspot.com]
[Gambar: Techspot.com]
Sejak meluncurkan program Android Security Reward, Google dikabarkan telah mengeluarkan biaya sebesar $550.000 kepada 82 orang yang telah menemukan kecacatan pada sistem keamanan Android. Sekarang, Google menawarkan imbalan yang 33-50 persen lebih banyak dari sebelumnya untuk laporan kecacatan yang masuk setelah tanggal 1 juni 2016.

“Setahun yang lalu, kami telah menambahkan Android Security Reward ke dalam program Google Vulnerability Reward,” tulis Quan, manager program Keamanan Android Google di sebuah blog. “Kami telah menawarkan imbalan sebesar $38.000 per laporan dengan tujuan untuk memperbaiki kelemahan dan melindungi pengguna Android. Sejak saat itu, kami telah menerima lebih dari 250 laporan kecacatan yang memenuhi kriteria dari para peneliti yang telah membantu meningkatkan keamanan Android dan ponsel,” lanjut Quan seperti yang dilansir Ibtimes.

Menurut postingan di blog tersebut, pelapor kecacatan sistem Android terbaik di tahun 2015 adalah Peter Pi yang menerima imbalan besar $75.750 untuk 26 laporan. Sementara itu, pelapor lainnya menerima paling sedikit $10.000.

“Kami baru saja memulai dan kami akan melakukan lebih banyak lagi di masa depan,” tulis Quan.

Tidak hanya untuk Android, Google juga mendorong para developer atau peretas untuk menemukan kecacatan sistem keamanan di luar Android.  Sebelumnya Google juga telah memiliki program serupa untuk Chrome dan layanan lainnya. Sejauh ini, Google dikabarkan telah mengeluarkan dana lebih dari satu juta dolar untuk imbalan program-program tersebut.

Memberikan imbalan dinilai sebagai cara yang ampuh untuk mendorong para developer dan hacker untuk melaporkan penemuan-penemuan mereka dibanding menggunakannya untuk kepentingan mereka sendiri. Karena itulah banyak perusahaan teknologi besar yang menerapkan program serupa seperti Microsoft, Oculus, dan Paypal.

Bagi Anda yang merasa telah menemukan kelemahan Android dan ingin mendapatkan imbalan, Anda dapat membaca ketentuannya di sini.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID