News

Google Perkenalkan Allo dan Duo, Aplikasi Smart Messaging dan Video Calling Terbarunya

[Foto: Androidcentral.com]
[Foto: Androidcentral.com]
Rabu (18/05/06) pada ajang Google I/O, Google memperkenalkan aplikasi smart messaging bernama “Allo” dan aplikasi video calling “Duo.” Kedua aplikasi yang tersedia pada perangkat iOS dan Android ini hanya bisa digunakan pada perangkat mobile karena keduanya menggunakan nomor HP Anda sebagai tanda pengenal.

[Foto: Blog Google]
[Foto: Blog Google]
Allo adalah sebuah aplikasi smart messaging yang bisa mempermudah Anda dalam melakukan percakapan dan membuat percakapan Anda lebih ekspresif. Mulai dari emoji, sticker, ink (untuk menulis atau mencorat-coret foto Anda), sampai fitur Whisper Shout. Fitur Whisper Shout ini cukup menarik, anda bisa mengatur ukuran tulisan Anda sendiri. Jadi, jika Anda mau menegaskan sebuah pernyataan, selain menggunakan capslock Anda bisa membesarkan ukuran tulisan sesuai keinginan.

[Foto: Blog Google]
[Foto: Blog Google]
Aplikasi ini juga memiliki fitur Smart Reply yang memungkinkan Anda untuk membalas pesan tanpa mengetik sepatah kata pun. Smart Reply akan mengamati dan mempelajari gaya bicara Anda dan menunjukkan pilihan Auto Reply yang sesuai gaya Anda. Semakin sering Anda menggunakan Allo, semakin tepat juga rekomendasi jawabannya. Smart Reply juga berlaku pada foto, yang akan memberi respon yang sesuai dengan isi foto itu. Kalau teman Anda mengirimkan foto kucing, misalnya, Anda bisa mendapatkan rekomendasi Smart Reply seperti “Awww so cute!” atau “I love cats.”

[Foto: Blog Google]
[Foto: Blog Google]
Allo juga memiliki fitur Google assistant, yang dapat membantu Anda menemukan informasi, melakukan sesuatu, dan bersenang-senang. Anda dapat chatting secara personal dengan asisten tersebut, atau memasukkan Google ke dalam chat grup Anda bersama teman-teman.

[Foto: Blog Google]
[Foto: Blog Google]
Sementara itu, Duo adalah aplikasi 1-to-1 video messaging—atau video call. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda tidak perlu khawatir dengan keamanan dan privasi percakapan Anda. Percakapan yang Anda lakukan di aplikasi Duo sepenuhnya terenkripsi dan dapat dihapus tanpa jejak. Duo juga memiliki fitur keren yang disebut Knock Knock. Dengan fitur ini, Anda bisa ‘mengintip’ atau melihat siapa yang menghubungi Anda sebelum mengangkat video call tersebut. Ya, sama saja ketika Anda mengintip dari jendela ketika melihat siapa yang mengetuk pintu rumah Anda. Dengan begitu, Anda bisa memutuskan untuk mengangkat atau membiarkan video call tersebut. Menarik, bukan?

Aplikasi yang dirancang oleh tim WebRTC ini menggunakan protokol baru yang disebut “Quic.” Duo diklaim bisa berfungsi dengan baik dalam kondisi sinyal jelek sekalipun untuk menghindari video yang nge-lag.
Rencananya, kedua aplikasi ini akan diluncurkan pada musim panas ini. Sayangnya, aplikasi ini baru tersedia dalam Bahasa Inggris dan pada negara-negara tertentu saja.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID