Home  »  News   »  
News

Google Resmi Jadi Investor Go-Jek: Apa Alasannya?

[Foto: Shutterstock/findracadabra]
Google telah melakukan investasi ride-hailing pertamanya di Asia dengan menggelontorkan dana kepada Go-Jek, karena startup Indonesia tersebut, dan para saingan terbesarnya dengan cepat memperluas layanan berbasis aplikasi dan pembayaran digital mereka di Asia Tenggara.

Pendanaan tersebut memperdalam komitmen Google terhadap ekonomi internet Indonesia, “Caesar Sengupta, seorang wakil presiden di Google mengatakan di sebuah blog perusahaan pada hari Senin.

Pengumuman oleh Alphabet Inc yang dibawahi Google muncul dua minggu setelah sebuah sumber mengatakan kepada Reuters bahwa Google dan Temasek dari Singapura termasuk di antara investor yang menanamkan investasi di Go-Jek sebagai bagian dari penggalangan dana senilai $1,2 miliar.

Rival Go-Jek, Grab dan Uber, didukung oleh Grup SoftBank Jepang, sementara Go-Jek telah mendapatkan investasi dari raksasa teknologi Tencent Holdings Ltd dan JD.com Inc.

Blog Google tidak menentukan berapa banyak investasi Google namun dua sumber mengatakan kepada Reuters bahwa Google menginvestasikan sekitar $100 juta.

Perusahaan ride-hailing tersebut menginvestasikan puluhan juta dolar untuk memperluas sistem pembayaran digital mereka dan juga berusaha mengizinkan pengguna mereka membayar layanan pihak ketiga.

Dengan lebih dari 133 juta orang yang aktif secara online, Indonesia adalah rumah bagi populasi pengguna internet terbesar kelima di dunia namun setengah dari populasi negara tersebut belum terhubung ke internet, kata Sengupta dari Google.


Grab dan Uber berkembang di pasar rumah Go-Jek, yang merupakan negara terpadat di Asia Tenggara dan di mana penduduk setempat sangat antusias untuk menghasilkan beragam layanan berbasis mobile. Asia Tenggara adalah kota dengan raihan terbesar ketiga di dunia setelah China dan Amerika Serikat.

Go-Jek, yang namanya diambil dari kata “ojek” atau taksi sepeda motor, memberikan segalanya mulai dari makanan dan bahan makanan hingga pembersih, pemijat dan penata rambut di seluruh ibu kota Indonesia, Jakarta, semua dengan sentuhan aplikasi smartphone.

Perusahaan, yang dimulai sebagai aplikasi yang mengendarai sepeda untuk taksi motor, didirikan oleh Nadiem Makarim, lulusan Harvard School of Business dan mantan associate dengan McKinsey, yang dengan cepat menjadi poster child untuk pengusaha startup sukses Indonesia.

Go-Jek menawarkan sepeda motor dan taksi sesuai permintaan, serta layanan lokal seperti pengiriman barang kelontong dan pembayaran mobile. Diperkirakan secara luas berada di depan Grab and Uber di Indonesia, yang merupakan ekonomi terbesar di Asia Tenggara, wilayah dengan lebih dari 600 juta konsumen dan adopsi internet yang meningkat. Lebih luas lagi, Grab tampaknya telah memimpin di seluruh Asia Tenggara secara keseluruhan.

“Go-Jek dipimpin oleh tim manajemen Indonesia yang kuat dan memiliki rekam jejak yang terbukti menggunakan teknologi untuk membuat hidup lebih nyaman bagi orang Indonesia di seluruh negeri. Investasi ini memungkinkan kita bermitra dengan juara lokal yang hebat di ekosistem startup yang berkembang di Indonesia, sekaligus memperdalam komitmen kita terhadap ekonomi internet di Indonesia, “tulis Caesar Sengupta, VP tim Google Next Billion yang berfokus pada pasar negara berkembang.

CEO Uber Dara Khosrowshahi mengatakan bahwa Asia Tenggara tidak menguntungkan, namun kawasan ini diperkirakan akan mengalami pertumbuhan yang sangat besar. Ride-Hailing di wilayah ini diprediksi akan menjadi industri senilai $20,1 miliar per tahun pada tahun 2025 dari $5,1 miliar pada tahun 2017, menurut sebuah laporan yang ditulis oleh Google. Indonesia cenderung memperhitungkan sebagian besar itu—sebuah laporan afiliasi Google yang diprioritaskan pada tahun 2015 yang memuat bagian pendapatannya lebih dari 40 persen.

Go-Jek tetap aktif di Indonesia saja, namun sebelumnya publik berencana memperluas ke pasar lain menggunakan layanan pembayaran seluler Go-Pay.