Home  »  News   »  
News

Google Search Hadirkan Fitur Pencarian Offline Untuk Akali Sinyal Jelek

[Gambar:wpmudev.org]Reputasi Google sebagai mesin pencari memang sudah tidak bisa dipungkiri lagi. Meskipun begitu, tetap saja ada satu masalah yang bisa mengganggu pada saat sedang googling: koneksi internet yang jelek. Tanpa koneksi internet, Google tidak akan bisa berfungsi sama sekali. Sebagai langkah penanggulangan terhadap masalah ini, Google meluncurkan sebuah fitur yang disebut offline search. Dengan fitur ini, Google dapat menyimpan pencarian Anda dan memproses pencarian ketika perangkat Anda mendapatkan sinyal yang cukup kuat untuk melakukan pencarian.

Fitur ini sepertinya ditargetkan untuk mengatasi koneksi internet yang tidak stabil. Dengan begitu, pengguna tidak perlu repot-repot mengetik kata kunci pencarian lebih dari sekali.


“Jaringan seluler terkadang tidak konsisten atau tidak stabil. Itu artinya, meskipun sebelumnya Anda mendapatkan koneksi internet ketika Anda melakukan pencarian Google, ada kemungkinan Anda tidak akan mendapatkan hasil pencarian tersebut. Dengan perubahan ini, hasil pencarian akan disimpan segera setelah mereka berhasil diakses, bahkan jika setelahnya Anda kehilangan koneksi atau mengaktifkan airplane mode.”

Ketika pencarian sudah berhasil dilakukan, aplikasi Google akan menampilkan notifikasi yang memberitahu bahwa pencarian sudah berhasil dilakukan.

Dalam postingan blognya, Google mengklaim bahwa meskipun fitur ini bekerja secara konstan di balik layar, fitur ini tidak akan menyedot banyak kuota maupun boros baterai.

Selain fitur online search, kini aplikasi Google dilengkapi dengan tab manage searches yang memungkinkan Anda untuk melihat daftar pencarian yang belum berhasil dilakukan atau masih pending. Anda juga bisa menghapus pencarian tersebut pada menu tersebut.

Untuk mendapatkan fitur offline search ini, Anda cukup mengupdate aplikasi Google di ponsel Anda ke versi yang terbaru. Namun, sepertinya pembaharuan ini diluncurkan secara bertahap karena saya sendiri belum mendapatkan fitur ini.