Home  »  News   »  
News

Google Telah Suntikkan Bahasa dan Fitur Baru ke Dalam Aplikasi Gboard

[Gambar: https://blog.google]
Google kabarnya telah menambahkan fitur-fitur dan bahasa baru pada aplikasi virtual keyboard nya, Gboard, untuk pengguna Android. Selain itu juga, Google memberikan peningkatan performa pada aplikasi Gboard ini, terutama dalam segi akurasi dan prediksi dalam mengetik. Dalam tulisan blognya, Google menyatakan bahwa diharapkan semua pembaharuan ini bisa membuat pengalaman mengetik dengan menggunakan Gboard akan menjadi semakin mudah dan praktis saja.

Terdapat dua fitur baru yang diberikan, yaitu menu penyuntingan teks dan kustomisasi pada keyboard. Pada menu penyuntingan teks Gboard baru, Anda akan disajikan tombol panah ke berbagai arah yang bisa digunakan untuk menyeleksi bagian dari teks yang ingin Anda sunting (edit) atau hapus (delete). Anda juga akan menemukan tombol cut, copy, dan paste tepat di samping tombol-tombol tersebut. Dengan begini, Anda tidak perlu susah-susah menekan lama pada kotak teks tersebut dan menggerak-gerakkan kursor. Anda bisa mengakses semua fitur baru ini dengan memencet tombol G yang ada di pojok kiri atas Gboard, kemudian menekan ikon Penyuntingan Teks (Text Editing) yang baru yang terlihat seperti huruf “I” yang diapit dua pointer. 


Selain itu juga, terdapat fitur yang memudahkan Anda untuk mengatur ukuran (resize) dan posisi (reposition) keyboard tersebut ketika Anda sedang mengetik dengan satu tangan pada ponsel berlayar luas atau mungkin pada tablet. Cara mengakses fitur ini adalah dengan memencet tombol G, kemudian ikon yang berupa tiga titik, lalu pilih opsi one-handed mode. Anda pun bisa bebas mengatur keyboard tersebut sesuai keinginan Anda.

Pembaharuan yang selanjutnya berhubungan dengan dukungan terhadap bahasa-bahasa baru pada Gboard. Kini, Gboard telah mendukung 22 bahasa Hindi, termasuk dengan transliterasinya. Tim Gboard juga kabarnya telah bekerja sama dengan orang asli India agar bisa mendapatkan data atau contoh yang cukup banyak untuk melatih sistem machine learning pada aplikasi tersebut. Hasilnya, Anda tidak hanya bisa mengetikkan bahasa-bahasa tersebut dengan menggunakan aksara asli mereka, tapi juga dengan menggunakan huruf biasa. Jadi, ketika Anda mengetikkan kata-kata dalam bahasa Hindi dengan menggunakan keyboard QWERTY, maka secara otomatis sistem akan mengubahnya ke aksara bahasa yang dituju. Sistem ini sebelumnya sudah diterapkan ke dalam bahasa lain, seperti bahasa Jepang.

Berikut ini daftar lengkap bahasa-bahasa yang baru ditambahkan pada aplikasi Gboard untuk Android:

Assamese, Bengali, Bodo (Devanagari, Bengali), Dogri (Devanagari, Arabic), Gujarati, Hindi (Devanagari, Hinglish), Kannada, Kashmiri (Devanagari, Arabic), Konkani (Devanagari, Latin), Maithili (Devanagari), Malayalam, Manipuri (Bengali), Marathi (Devanagari), Nepali (Devanagari), Odia, Punjabi (Gurmukhi, Arabic), Sanskrit (Devanagari), Santali (Ol chiki, Latin), Sindhi (Devanagari, Arabic), Tamil, Telugu, Urdu (Arabic). Selain menambahkan 22 bahasa Indic baru, Gboard juga kini mendukung Kinyarwanda dan Waray.

Aplikasi ini sudah bisa diunduh melalui Google Play Store secara gratis. Untuk yang sudah pernah menggunakannya, jangan lupa untuk memperbaharui aplikasi Gboard Anda ke versi yang terbaru untuk bisa menikmati fitur-fitur dan bahasa baru yang ditawarkan.