News

Google Translate Makin Cerdas Setelah Disuntikkan Teknologi “Machine Learning”

[Gambar: blog.google.com]
Siapa yang tidak tahu Google Translate? Mayoritas orang pasti akan membuka situs tersebut ketika menemukan kata-kata asing yang tidak mereka pahami. Meskipun begitu, sebagai mesin penerjemah terpopuler di dunia, Google Translate memang tidaklah sempurna. Yang jelas, kini ia semakin cerdas saja dengan tambahan teknologi Neural Machine Translation yang disuntikkan ke dalam platformnya.

Dengan adanya teknologi ini, sistem pada Google Translate akan menerjemahkan sebuah kalimat secara keseluruhan, tidak hanya menerjemahkan per kata saja. Selain itu juga, ini memungkinkan Google Translate untuk menghasilkan terjemahan dengan tata bahasa yang lebih alami. Seperti teknologi machine learning pada umumnya, teknologi ini akan semakin cerdas jika semakin sering digunakan. Menurut pimpinan Google Translate Barak Turovsky, metode baru ini terbukti dapat mengurangi persentase kesalahan dalam penerjemahan.

Untuk sementara ini, teknologi Neural Machine Translation ini baru tersedia dalam penerjemahan bahasa Inggris ke dalam atau dari delapan bahasa, yakni bahasa Perancis, Jerman, Spanyol, Portugis, Mandarin, Jepang, Korea dan Turki. Dalam postingannya, Google menambahkan bahwa mereka akan menerapkan teknologi ini secara bertahap ke seluruh 103 bahasa yang sudah didukung Google Translate, termasuk di antaranya Bahasa Indonesia.

Selain itu, Google juga mengumumkan bahwa mereka telah meluncurkan API Machine Learning pada Google Cloud Platforms mereka untuk mempermudah orang-orang dalam menggunakan teknologi machine learning. Mereka juga menyajikan sistem di balik Neural Machine Translation bagi semua jenis usaha melalui API Google Cloud Translation.

Google akhir-akhir ini memang tengah memusatkan usahanya pada sektor artificial intelligence (AI) dan teknologi machine learning. Bulan Oktober lalu juga, Google telah meluncurkan asisten digital pesaing Apple Siri, yaitu Google Assistant. Asisten digital yang berbasis AI ini bisa membantu Anda untuk melakukan berbagai kegiatan sederhana seperti melakukan pencarian, membuka aplikasi, menelpon dan mengirimkan SMS, dan lain-lain.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID